Indonesia Positif

RS Lanud Abd Saleh Bakal Berstandar Nasional

Rabu, 16 November 2016 - 13:57 | 152.48k
Kegiatan di Rumah Sakit (RS) dr Munir Lanud Abd Saleh Malang dala rangka persiapan akreditasi, (Foto: Istimewa)
Kegiatan di Rumah Sakit (RS) dr Munir Lanud Abd Saleh Malang dala rangka persiapan akreditasi, (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rumah Sakit (RS) dr Munir Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh (Lanud Abd Saleh) Malang terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Salah satu upayanya berupa peningkatan status sebagai RS standar nasional melalui akreditasi.  

Hari ini, Rabu (16/11/2016) Kepala RS Lanud Abd Saleh, Letkol Kes dr Ari Putriani S.p PK, mendampingi  Ketua Tim Penilai, Kolonel Kes Dra Nilawati MM yang tengah melakukan survey dan evaluasi dalam rangka akreditasi supervisi RS dr Munir Lanud Abd Saleh. 

Kolonel Kes Dra Nilawati menjelaskan, akreditasi ini merupakan penetapan pengakuan atau pengesahan dari hasil evaluasi atau penilaian terhadap standar fungsi-fungsi pelayanan dan dukungan kesehatan rumah sakit. 

Evaluasi dalam rangka akreditasi yang akan dilaksanakan oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Desember 2016 mendatang.   

"Survey ini sebagai tindak lanjut dari Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan-red) Nomor 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional yang mengamanatkan bahwa setiap rumah sakit harus diadakan akreditasi," demikian disampaikan Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh, Mayor Sus Hamdi Londong Allo SS dalam keterangan persnya.

Aspek penilaian akreditasi RS meliputi manajemen, operasional, dan mutu pelayanan. Penetapan akreditasi ini menjadi penting karena merupakan persyaratan bagi RS penyelenggara BPJS. Setiap RS diharuskan memenuhi standar pelayanan atau persyaratan yang ditentukan oleh Kemenkes.

"Apabila ada hal-hal yang menjadi catatan hendaknya menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti dan dicarikan solusinya sebelum tim KARS dari Kementerian kesehatan secara resmi melaksanakan penilaian dalam rangka akreditasi di rumah sakit ini," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES