Peristiwa Nasional

Muhammadiyah: Donald Trump Tak Ubah Kebijakan ke Indonesia

Senin, 14 November 2016 - 08:51 | 40.71k
Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump. (Foto: tribunnews)
Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump. (Foto: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat diyakini tidak akan berpengaruh banyak kepada kebijakan AS kepada Indonesia. Pengaruh kebijakan politik Amerika bagi Indonesia, baik pada kepemimpinan Barack Obama maupun Donald Trump, tidak akan jauh berbeda.

"Amerika harus memanfaatkan posisi Indonesia sebagai basis kekuatan Islam yang moderat untuk mempengaruhi kaum muslimin, apalagi dengan Indonesia sebagai negara demokratis dengan mayoritas penduduknya beragama Islam," kata Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti di sela-sela pengajian Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (Kibar) di Sheffield, Inggris, Minggu (13/11/2016).

"Kebijakan politik tidak akan jauh berbeda, ya mungkin ibaratnya restoran McDonalds dan KFC lah, sama-sama berasal dari Amerika, hanya saja penyajiannya berbeda," tambahnya.

Oleh karena itu, Amerika Serikat sebaiknya menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan Indonesia karena jika tidak, maka investasi Paman Sam di Indonesia tidak akan berjalan baik dengan adanya pendekatan Cina ke Indonesia yang semakin luas.

Selain itu, dengan kondisi perekonomian Indonesia yang cukup baik di tengah lesunya ekonomi dunia, Amerika perlu mempertimbangan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi, khususnya di Asia dan Asia Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES