Tekno

Update Versi Baru, WhatsApp Tingkatkan Keamanan

Senin, 14 November 2016 - 00:17 | 26.06k
ILUSTRASI:  WhatsApp (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: WhatsApp (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – WhatsApp kembali melakukan pembaruan sistem untuk memberikan keamanan lebih baik lagi bagi penggunanya. 

Menurut informasi yang dilansir dari Phone Arena, WhatsApp akan memebrikan keamanan lebih pada para penggunanya dengan  verifikasi ganda untuk mencegah akun dikerjai pihak tak bertanggung jawab.

Verifikasi ganda ini akan hadir di update versi terbaru 2.16.341. Namun, sayangnya statusnya saat ini masih beta user. Meski demikian, WhatsApp tidak akan lama lagi akan menerapkannya pada pengguna barunya.

Sebagai informasi, verifikasi keamanan akun  WhatsApp sudah langsung diterapkan saat penggunanya diharuskan memasukan nomor telepon. Kemudian sebagai langkah verifikasi, WhatsApp akan mengirimkan passcode via SMS ke nomor telepon yang didaftarkan.

Meski hal itu terlihat cukup aman, WhatsApp masih melihat adannya potensi kerentanan pada metode keamanan yang digunakannya itu. Pasalnya, pengguna masih bisa kecolongan akun miliknya bila nomor telepon yang terdaftar dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab.

Oleh karena itu, maka WhatApp membuat verifikasi ganda. Jadi selain memasukkan nomor telepon, pengguna akan diwajibkan mendaftarkan alamat email yang valid, sehingga ketika suatu saat pengguna perlu mendaftarkan ulang akun WhatsApp miliknya, alamat email yang terdaftar juga akan diminta untuk verifikasi, selain passcode enam digit yang dikirim via SMS.

Selain itu, WhatsApp juga memberikan fitur baru dalam update terbarunya, yakni kemampuan memutar audio di background. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan pesan suara, kemudian diputar, isinya akan tetap bisa didengar meski pengguna sedang beralih ke aplikasi lain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES