Peristiwa Nasional

Benahi Arah Kiblat? Kemenag Siapkan Bantuan Gratis

Sabtu, 12 November 2016 - 12:28 | 27.82k
Ilustrasi pengukuran arah kiblat (Foto: pakarguru)
Ilustrasi pengukuran arah kiblat (Foto: pakarguru)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi masyarakat yang ingin membenahi atau mengukur kembali arah kiblat masjid dan mushalla mereka, Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam siap memberikan layanan bantuan secara gratis.

"Kita memberikan layanan gratis dan mudah dalam mengukur arah kiblat masjid yang ada," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syaraih (Urais-Binsyar), M Thambrin.

Menurutnya, layanan ini diberikan semata untuk memberi kenyamanan umat dalam beribadah.

Untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) cukup mengajukan surat kepada Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama. Surat tersebut bisa dikirim melalui Fax ke nomor 021 31907309 atau email [email protected].

Dari surat tersebut, Bimas Islam akan menugaskan aparaturnya yang bekerja di bagian Subdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat. Biasanya akan ditugaskan 2-4 orang pegawai dengan pengukuran juga harus disaksikan pihak DKM yang mengajukan.

Sementara Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat, Nurkhozin menambahkan jika layanan gratis pengukuran arah kiblat masjid ini sudah disosialisasikan sejak 2006 dan sejauh ini sekitar 3000-an masjid di seluruh Indonesia sudah dilayani.

"Dalam praktiknya, proses pengukuran arah kiblat sebaiknya dilakukan pada siang hari dan saat tidak hujan. Sebab matahari membantu dalam menentukan azimut arah kiblat," tegasnya.

Setelah pengukuran, Kemenag akan mengeluarkan berita acara yang ditandatangani pihak DKM dan petugas pengukur arah kiblat. Setelah itu, dikeluarkan sertifikat yang ditandatangani Direktur Urais-Binsyar Kemenag berdasar berita acara tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES