Peristiwa Daerah Hari Pahlawan Nasional

KH As'ad Syamsul Arifin Layak Jadi Pahlawan Tauladan Umat

Rabu, 09 November 2016 - 12:55 | 114.77k
KH As'ad Syamsul Arifin (Foto: cyberdakwah)
KH As'ad Syamsul Arifin (Foto: cyberdakwah)
FOKUS

Hari Pahlawan Nasional

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tokoh ulama asal Kabupaten Situbondo KH As'ad Syamsul Arifin dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.  Anugerah gelar Pahlawan Nasional itu akan diberikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (9/11/2016) siang ini.

Penganugerahan ini disambut baik oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi. Ketua PC NU Banyuwangi Maskur Ali mengatakan, KH As'ad Syamsul Arifin, Pengasuh pondok pesantren Salafiah Safiiah, Situbondo, Jawa Timur itu memang pantas menjadi pahlawan nasional dan patut menjadi tauladan bagi bangsa Indonesia.

"Selain menjadi pahlawan pendidikan,beliau juga ikut berjuang langsung secara fisik melawan penjajah," papar Maskur Ali, yang juga pengasuh pondok pesantren Ibnu Sina, Rabu (9/11/2016).

Lanjutnya, kiai yang lahir pada tahun 1897 dan wafat di usia 93 tahun, tepatnya 4 Agustus 1990 ini, juga banyak memberikan kontribusi besar terhadap berdirinya NU. KH As'ad Syamsul Arifin juga pernah menjadi pengurus Besar NU, dan menjabat sebagai dewan penasehat (mustasyar) pada saat itu.

"Sebetulnya perjuangan untuk para ulama untuk kemerdekaan Indonesia, mulai dulu benar adanya, maka dari itu, dengan diangkatnya KH Asad Syamsul Arifin menjadi pahlawan nasional sekali lagi saya tegaskan, sangat sepakat," tegasnya.

Dirinya berharap, selain KH Asad Syamsul Arifin, tokoh lain, seperti Kyai Abdurrahman Wahid, atau lebih akab di sapa Gus Dur juga bisa segera dijadikan pahlawan Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES