Tekno

Aktivitas 'Unfriend' Pengaruhi Umur Pengguna Medsos

Selasa, 08 November 2016 - 04:17 | 25.84k
ILUSTRASI: Pengguna smarphone. (Foto:tablet androi)
ILUSTRASI: Pengguna smarphone. (Foto:tablet androi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memutus hubungan pertemanan alias 'unfriend' di media sosial (medsos),ternyata berdampak bagi kesehatan pengguna media sosial. Pasalnya, hal itu mampu mempengaruhi umur pengguna medsos.

Menurut informasi yang dihimpun TIMES Indonesia dari NYdailynews, menyebutkan hubungan pertemanan yang kuat berhubungan dengan umur yang panjang. Ini berlaku dalam semua bentuk pertemannan baik di dunia nyata, maupun pertemanan online di media sosial.

"Kami menemukan bahwa pengguna Facebook yang menerima lebih banyak memiliki friend request memiliki risiko kematian lebih rendah," kata William Hobb penliti dari National Academy of Science dari University of California.

Hobb membuktikan penelitiannya dengan menganalisis data 12 juta pengguna Facebook di California selama lebih dari 6 bulan. 

Dalam penelitian terserbut, Hobb membandingkan data analisnya dengan data departemen kesehatan masyarakat pada tahun 2012-2013, terutama pada jumlah kasus kematian yang tercatat.

Hasilnya, penelitian Hobb membuktikan bahwa risiko kematian paling rendah, terjadi pada orang-orang dengan level pertemanan tinggi di dunia nyata. Sedangkan, risiko kematian level sedang teramati terjadi pada orang-orang dengan level pertemanan kuat di medsos.

Oleh karena itu, Hobb menyimpulkan kualitas dan kuantitas pertemanan sama-sama berpengaruh pada kesehatan, baik di internet maupun di dunia nyata. Sebab, orang-orang dengan jalinan pertemanan yang kuat di media sosial, ia yakini memiliki cenderung punya pertemanan yang sama kuatnya di dunia nyata.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES