Peristiwa Daerah Indonesia Darurat HOAX

Masyarakat Diminta Cerdas Menggunakan Media Sosial

Senin, 07 November 2016 - 20:26 | 43.51k
ILUSTRASI, Sosial Media (Foto: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI, Sosial Media (Foto: TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Darurat HOAX

TIMESINDONESIA, MALANG – Media sosial (medsos) seakan menjadi sasaran empuk bagi mereka yang ingin menebar kebencian dan kejahatan dengan menyebarkan berita bohong alias hoax. Sebab masyarakat kini banyak bergantung pada Medsos. Baik sekadar berbagi kabar, berbagi foto, bahkan untuk mendapatkan informasi.

Syamsuri Hasan, Dekan Fakultas syari’ah, IAI Nurul Jadid, Probolinggo, mengingatkan agar cerdas dalam menggunakan media sosial.

"Banyak sekali situs-situs yang menampilkan berita bohong yang tujuannya memecahbelah persatuan, menebarkan kebencian satu sama lain, jadi kita harus waspada, harus cerdas dalam menerima berita atau informasi." paparnya. 

Lebih lanjut Dekan yang biasa disapa ust Syam ini pun menjelaskan cerdas dalam menerima informasi artinya harus melakukan verifikasi atau cek ulang.

Dia pun mengutip Al Quran Surah Al Hujurat Ayat 06, "Jika ada orang jahat yang datang dan membawa berita maka yang pasti adalah tabayyun klarifikasi berita dengan cerdas."

Pemerintah sendiri telah mengantisipasi hal-hal seperti ini dengan lahirnya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang berbunyi "Siapapun yang membuat berita bohong menebarkan kebencian dan penistaan dll  akan dijerat oleh UUD ITE dan dapat dipidanakan". 

Syamsuri berharap  para pengguna medsos ialah selektif dalam memilah berita. Setiap kali kita akan menggunakan medsos maka sebaiknya memikirkan terlebih dahulu apa tujuan kita menggunakan medsos. Sehingga ketika ada berita-berita yang masuk kita bisa pilah pilih berita yang benar atau salah.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES