Tekno

Gesits Lakukan Uji Jalan 1.400 Kilometer

Senin, 07 November 2016 - 23:35 | 197.16k
ILUSTRASI. Logo ITS. Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya mengembangkan motor listrik yang dinamai GESITS. (Foto: ITS)
ILUSTRASI. Logo ITS. Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya mengembangkan motor listrik yang dinamai GESITS. (Foto: ITS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Motor listrik hasil pengembangan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang dinamai Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS) menjalani uji jalan sejauh 1.400 kilomeneter dari Jakarta menuju Pulau Bali.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir melepas uji jalan motor listrik Gesits di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin (7/11/2016). 

Ia mengatakan, motor listrik juga harus mendapatkan uji kelayakan dan memiliki standar. 

"Kalau GESITS 100 persen kesiapan teknologinya sudah cukup. TRL (Technology Readiness Level) sudah di angka sembilan karena sudah siap masuk industri," ujarnya.

Rencananya, uji jalan lima prototipe Gesits dilaksanakan dari 7 hingga 12 November 2016, dengan menempuh perjalanan dari Jakarta hingga Denpasar, Bali. 

M Nasir berharap semakin banyak inovasi dari perguruan tinggi yang mampu mencapai tingkat TRL hingga level 9 seperti Gesits dan dapat dimanfaatkan masyarakat. 

Kemristekdikti mempunyai tugas mendorong hilirisasi inovasi ke industri. Kementerian ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk membantu mengembangkan 10 prototipe motor listrik hingga sampai ke tahap pengujian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES