Peristiwa Daerah

UGM Kembangkan Laman Anti Korupsi Pertama di Dunia

Jumat, 04 November 2016 - 18:17 | 39.62k
Tampilan www.cegahkorupsi.wg.ugm.ac.id, laman anti korupsi yang dikembangkan UGM. (Foto: Screenshot)
Tampilan www.cegahkorupsi.wg.ugm.ac.id, laman anti korupsi yang dikembangkan UGM. (Foto: Screenshot)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan laman (website) anti korupsi. Laman www.cegahkorupsi.wg.ugm.ac.id menjadi yang pertama di dunia dalam upaya mengurangi dan menekan praktik korupsi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat

“Website ini menjadi yang pertama kali dan satu-satunya di dunia, dalam hal peran serta dunia akademis untuk menekan dan mengendalikan praktik korupsi,” ujar Rimawan Pradiptyo, pendiri website antikorupsi UGM, Jumat (4/11/2016) di kampus Program Doktor Studi Kebijakan UGM, Yogyakarta.

Ia mengatakan, laman tersebut berisikan hal-hal penting terkait dengan upaya aktif dalam pencegahan praktik korupsi. Diantaranya, fakta korupsi, berita – berita terkait korupsi, serta peta korupsi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Beragam informasi yang disebarkan disajikan dalam laman tersebut, kata Rimawan, diungkapkan dari perspektif akademis melalui kajian terlebih dulu.

“Sehingga bukan merupakan data asal jadi, tetapi bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, laman ini menjadi publikasi tentang pemahaman dan edukasi bagi masyarakat untuk melihat praktik korupsi dari perspektif yang benar dan komprehensif, juga  berbagai regulasi terkait korupsi yang terjadi di Indonesia.

Pihaknya berharap mampu berkontribusi bagi pencegahan dan pemberantasan praktik korupsi melalui pemberian informasi yang edukatif bagi masyarakat luas.

“Belum ada website di negara manapun yang seperti ini. Itu artinya, kita serius dalam upaya memberantas korupsi,” imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES