Indonesia Positif

CNT versi 01 Berhasil Diuji Coba Layani Jaringan Internet

Selasa, 01 November 2016 - 16:36 | 193.03k
Iswanto bersama para siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, saat uji coba CNT version 01, Selasa (1/11/2016) (Foto: TIMES Indonesia)
Iswanto bersama para siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, saat uji coba CNT version 01, Selasa (1/11/2016) (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Alat peraga pembelajaran praktik kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang yang di sebut CNT versi 01, hasil kreasi SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah, telah berhasil diuji coba.

CNT versi 01 atau Computer Network Table, sendiri berfungsi untuk memenuhi kebutuhan praktik belajar-mengajar pelajaran TKJ. Dan pada diuji kali pertama ini, dicoba untuk memancarkan Wifi untuk Smartphone.

BACA JUGA : Ini Kecanggihan Komputer Karya Siswa SMK Muhammadiyah 

Ketua Program Keahlian TKJ Admin ICT SMK Muhammadiyah Bobotsari, Iswanto, membeberkan, dengan menggunakan modem jaringan internet 4G dari penyedia jasa Internet, yang disambungkan dengan 2 router board, dapat melayani jaringan internet. 

“CNT version 01, yang dilengkapi dengan router board, di seting sebagai jaringan wifi dengan dilengkapi Access point, untuk memancarkan signal wifi. Uji coba ini dilakukan dilakukan oleh 33 pengguna android dan 3 komputer, secara bersamaan” terang Iswanto, Selasa (1/11/2016). 

Lanjut Iswanto, uji coba tersebut dilakukan dengan mengakses Youtube secara bersamaan, dimana pada uji coba kali ini untuk menguji konektifitas dan kecepatan untuk live streaming.

“Berikutnya uji coba dengan mengakses mesin pencari google, untuk mencari materi tentang teknik komputer jaringan secara bersamaan. Sebanyak 36 pengguna dari android dan komputer windows ,secara keseluruhan dapat mengakses youtube dan mesin pencari google,” terang Iswanto. 

Hanya saja, sambung Iswanto, ada beberapa handphone android yang masih terkendala jangkauan, karena pada uji coba masih menggunaka router board dan access point versi standar, serta menggunakan mini antena omni dengan skala 1:10, untuk jarak hanya 30 meter. 

Namun, kata Iswanto, yang juga tim pengembang alat peraga Computer Network Table (CNT) version 01 ini, menjelaskan bahwa, keterbatasan jarak dan komponen standar, bisa diatasi dengan menambah komponen yang lebih bagus, jadi bisa lebih maksimal rate transfer datanya.

“Selanjutnya, kami berkeinginan untuk dapat diakses oleh 1.000 pengguna/client android. Karena kami ingin membuktikan bahwa teknologi jaringan router yang disetting di alat peraga CNT version 01 itu mampu,” jelas Iswanto.

Salah satu siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari,Irfan Adi Zestian, siswa kelas XII TKJ 1, yang ikut serta dalam uji coba, mengatakan, "Koneksi internetnya stabil,dan streaming youtube berjalan lancar." 

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Bobotsari, Toto Widiarto, berharap, jurusan TKJ untuk terus berkreasi dan berinovasi. “Bagi jurusan lainya, semoga menjadi inspirasi untuk mengikuti jejak jurusan TKJ, dan bagi sekolah, semoga bisa menjadi nilai tambah dalam mempromosikan sekolah,” harap Toto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES