Peristiwa Daerah

Gus Ipul Buka Popda di Jember dengan Baca Pancasila

Selasa, 01 November 2016 - 14:53 | 96.30k
Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, saat membuka ajang Popda Jatim ke 11 di GOR PKPSO Kaliwates, Jember. (Foto: Mahrus/TIMES Indonesia)
Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, saat membuka ajang Popda Jatim ke 11 di GOR PKPSO Kaliwates, Jember. (Foto: Mahrus/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, membuka gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jatim ke 11 di Gelanggar Olah Raga (Gor) PKPSO Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Selasa (1/11/2016) siang.

Berbeda dari biasanya, pada event olahraga pelajar itu Gus Ipul mengawali pidato pembukaannya dengan menggemakan Pancasila serta menyayikan lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Pusaka.

“Ayo kita gemakan Pancasila secara bersama-sama, ya! Ada yang hafal Pancasila nggak?” katanya, yang diikuti pembacaan teks pancasila secara bersama-sama.

Menurut Gus Ipul, selain disiplin dan terampil, salah satu kunci sukses yang harus diterapkan oleh para atlet ada cinta tanah air. Oleh karenanya, lagu Indonesia Pusaka serta pembacaan teks Pancasila tersebut merupakan upaya untuk menanamkan cinta tanah air kepada para atlet.

“Intinya, Popda ini ingin melahirkan atlet handal yang bisa mewakili Jatim dan membanggakan Indonesia di pentas Internasional,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim, Supratomo menuturkan, pelaksanaan Popda di Jember ini merupakan persiapan kontingen atlet pelajar di Jatim dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar tingkat Nasional (Popnas) di Jawa Tengah pada 2017 nanti.

“Dan juga untuk dipersiapkan pada PON di Papua dengan menyiapkan atlet-atlet terbaik di Jatim,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Faida berpesan, agar ajang olah raga ini benar-benar mengedapankan sportifitas. Karena menurut dia, jiwa dari olahraga itu adalah kejujuran dalam pertandingan yang menjunjung tinggi sportifitas.

“Mari kita sukseskan ajang Popda ke 11 Jatim ini dengan menjunjungtinggi sportifitas untuk dan demi Indonesia,” ajaknya.

Event dua tahunan ini dilaksanakan di Jember pada 1 hingga 6 November mendatang dan diikuti 38 Kabupaten/Kota di Jatim.

Ajang ini melombakan 14 cabang olahraga (cabor), yaitu atletik, renang, bola voli, sepak bola, basket senam dan panahan. Selain itu, sejumlah cabor lainnya seperti pencak silat, karate, gulat, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, serta bulu tangkis, juga dilombakan dalam event tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES