Peristiwa Nasional

Nusantara Mengaji Luncurkan Aplikasi Khataman AlQuran

Senin, 31 Oktober 2016 - 01:27 | 77.86k
Inisiator Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar (tengah), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri (kanan) dan Koordinator Nasional Mengaji Jazilul Fawaid (kedua kanan), mengikuti Khataman Akbar Nusantara Mengaji.
Inisiator Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar (tengah), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri (kanan) dan Koordinator Nasional Mengaji Jazilul Fawaid (kedua kanan), mengikuti Khataman Akbar Nusantara Mengaji.

TIMESINDONESIA, BEKASI – Sukses mencatatkan rekor khataman serentak secara nasional beberapa waktu lalu, Gerakan Nusantara Mengaji kembali membuat gebrakan.

Kali ini, mereka menghadirkan aplikasi di gadget berbasis Android yang memungkinkan orang-orang berbeda lokasi menggelar "Khataman" bersama.

"Ini adalah aplikasi khataman online pertama di dunia. Masyarakat dapat terhubung bersama-sama melaksanakan khataman Alquran secara serentak," kata Koordinator Nasional Mengaji, Jazilul Fawaid, lewat siaran pers-nya, dalam acara Khataman Akbar Nusantara Mengaji, di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/10/2016).

Menurut Jazilul,  aplikasi smartphone dengan nama "Nusantara Mengaji"  yang bisa diunduh langsung dan gratis di "App Store", diharapkan bisa lebih mendekatkan masyarakat kepada Alquran.

Masyarakat bisa dengan mudah membaca Alquran kapan dan di mana saja. Aplikasi itu juga dilengkapi Alquran 30 juz beserta fitur memilih juz, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk bisa memilih satu atau beberapa juz yang ingin dibaca.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji Prof KH. Akhsin Sakho Muhammad menambahkan, dengan aplikasi ini khataman Alquran bisa dilaksanakan bersama-sama oleh pengguna yang sudah memilih juz Alquran tadi.

"Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," ujar pakar Alquran lulusan Madinah ini.

Tak hanya berhenti sampai disitu saja, selain fitur mengaji dan khataman online Aplikasi berbasis android ini juga menyajikan pula berbagai informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahmi kita," ucapnya.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyambut baik peluncuran aplikasi khataman Alquran online ini. Menurutnya,  aplikasi ini sangat bermanfaat bagi ummat sebagai ikhtiar penting sekaligus memberikan bekal bagi para generasi muda.

"Jumlah mereka besar, dengan aplikasi semacam ini diharapkan mampu mendekatkan mereka pada Alquran dan membuat mereka mencintai Alquran," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Republika

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES