Entertainment

Apresiasi Terhadap Film Indonesia Meningkat

Sabtu, 29 Oktober 2016 - 04:34 | 34.92k
Aktris senior Christine Hakim (Foto: youtube)
Aktris senior Christine Hakim (Foto: youtube)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Kebutuhan masyarakat menonton dan mengapresiasi film-film Indonesia yang berkualitas semakin meningkat. Hal ini disampaikan aktris senior Christine Hakim. 

"Saat ini telah ada 130 judul film Indonesia yang diproduksi pada 2016, jumlahnya terus meningkat. Itu menandakan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melihat dan mengapresiasi film-film Indonesia yang bermutu," ujar Christine, Jumat (28/10/2016) di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ia mengatakan, dari sisi kuantitas dan kualitas, film - film Indonesia sudah mulai membaik. Banyak film Indonesia yang mampu merajai pasar dan menjadi box office, misalnya Rudi Habibie dan Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Kendati demikian, ia menyayangkan bahwa perfilman Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Padahal, potensinya untuk berkembang cukup besar.

Menurutnya, bisnis perfilman mampu menghasilkan devisa negara yang besar bila dikelola dengan baik.

"Perfilman Indonesia harus berjuang lagi. Saingan kita saat ini bukan lagi Amerika, tetapi Korea dan India yang mencuri hati masyarakat beberapa waktu ini," ujar perempuan kelahiran Kuala Tungkal, Jambi ini.

Christine pun mengungkapkan kekecewaannya atas rencana pencabutan bisnis film dari Daftar Negatif Investasi (DNI) di Indonesia.

Menurutnya, bila itu terjadi, film atau televisi Korea dan India mendominasi, dan film-film Indonesia yang jumlahnya memang sedikit akan kalah bersaing.

"Bila film-film Korea dan India mendominasi, maka akar budaya dari film Indonesia akan hilang," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES