Kesehatan

Serap Vitamin D dengan Berjemur Pagi, Ini Manfaat Besarnya

Sabtu, 29 Oktober 2016 - 06:02 | 49.92k
Ilustrasi berjemur pagi (Foto: medicaldaily)
Ilustrasi berjemur pagi (Foto: medicaldaily)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berjemur di sinar matahari pagi, dan menyerap banyak-banyak vitamin D, ternyata bisa memperpanjang harapan hidup seseorang. Tak hanya itu, hal ini pun bisa menjauhkan diri dari penyakit, demikian hasil temuan peneliti dalam jurnal Cell.

Sebagaimana diketahui, manusia sebagian besar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, sementara tubuh manusia memproduksi vitamin ketika kulit terkena sinar ultraviolet.

Vitamin D inilah yang digunakan untuk membantu penyerapan kalsium, sel dan pertumbuhan tulang, juga fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, zat ini juga berperan penting mengenyahkan berbagai penyakit misalnya diabetes, penyakit jantung atau bahkan kanker.

Penelitian juga menunjukkan vitamin D mampu mengurangi gejala masalah kesehatan mental yakni depresi, kecemasan dan demensia.

Seiring bertambahnya usia, protein dalam tubuh tidak mampu mempertahankan bentuk dan fungsi mereka, sehingga terkadang menyebabkan munculnya penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer, Parkinson, diabetes, dan penyakit jantung.

Dengan hal ini disebabkan protein beracun yang terakumulasi dalam tubuh, vitamin D bisa mencegah hal buruk itu terjadi.

"Mengingat adanya kesamaan penuaan pada mamalia termasuk manusia, maka masuk akal kalau vitamin D bermanfaat untuk seluruh spesies, " terang penulis senior Gordon Lithgow seperti dilansir Medical Daily.

Ironisnya, vitamin ini sulit menyerap pada tubuh seiring bertambahnya usia. Peneliti The Buck Institute mencatat bahwa dari waktu ke waktu, kemampuan kulit memproduksi vitamin D berkurang. Hal inilah yang turut berperan menyebabkan orang berusia lanjut lebih rentan terserang penyakit.

"Temuan kami memperlihatkan hubungan nyata antara penuaan dan penyakit serta memberikan dokter dan peneliti lainnya kesempatan untuk meneliti vitamin D dalam konteks yang jauh lebih besar," imbuh Lithgow. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES