Tekno

Sukses Luncurkan A3, LAPAN Siapkan Satelit A4

Sabtu, 29 Oktober 2016 - 00:12 | 44.74k
ILUSTRASI, satelit (Foto: samosirgreen)
ILUSTRASI, satelit (Foto: samosirgreen)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberhasilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) meluncurkan satelit LAPAN A3, akan segera disusul oleh penerusnya, satelit LAPAN A4.

Satelit yang tengah dipersiapkan ini akan tampil dengan kemampuan pengambilan gambar lebih baik dari pendahulunya.

Director of Satelite Technology Centre, Abdul Rahman mengatakan satelit LAPAN A4 akan dibekali multispectral imager kelas profesional untuk menghasilkan penginderaan jarak jauh berkualitas tinggi. Fitur ini perlu diterapkan karena hasil penginderaan jarak jauh harus memiliki kualitas lebih baik dari sebelumnya. 

Ditagetkan, satelit LAPAN A4 akan selesai dan siap meluncur pada tahun 2019. 

Sebagai awalan, LAPAN telah mengajukan filling satelit untuk A4. Kemungkinannya, filling ini tak terlalu sulit mengingat sudah ada filling untuk A3 sebelumnya.

Abdul Rahman menyampaikan pula bahwa desain LAPAN A4 sudah selesai sepenuhnya, menyusul peraturan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyertakan desain satelit sebelum mengajukan filling ke International Telecommunication Union (ITU).

"Desain sudah selesai 100 persen tinggal mendaftar. Namun, perlu kepastian untuk menggunakan pencitraan resolusi rendah atau tinggi," jelasnya.

Pada proyek LAPAN A4, ada kemungkinan untuk bekerja sama dengan Universitas Indonesia atau Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar. Sebelumnya, pada proyek LAPAN A3, badan antariksa nasional ini bermitra dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Di LAPAN A4, Universitas Hasanuddin juga ikut tertarik (bekerja sama) dengan membawa misi untuk kebutuhan maritim. Kami masih bincang-bincang soal itu, apalagi Indonesia memiliki potensi maritim yang besar," ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk peluncuran satelit, LAPAN mendapat tawaran dari dari Tiongkok. Namun hal ini masih dipertimbangkan, mengingat India memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES