Peristiwa Daerah Sumpah Pemuda

Sunandi Zubaidi: Sumpah Pemuda Awal Kemerdekaan Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2016 - 07:38 | 47.99k
Foto: Smeaker
Foto: Smeaker
FOKUS

Sumpah Pemuda

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti yang di sampaikan oleh Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi, Sunandi Zubaidi. Yang saat ini menjadi Ketua baitulmasail, di kepengurusan PCNU Banyuwangi.

"Ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara Indonesia," katanya Jumat (28/10/2016).

Mantan Aktifis PMII ini juga menjelaskan bahwa, Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan.

"Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan hartabat Indonesia," terangnya

Lanjutnya, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda, kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme agar para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan berjuang merebut kemerdekaan dengan bersama sama.

"Pemuda hari ini kelak akan menjadi pemimpin masa depan, baik sekarang baik untuk masa depan, buruk sekarang akan buruk pula bagi masa depan," pesan yang di sampaikan alumi Pondok Pesantren Lirboyo Kabupaten Kediri ini, untuk pemuda saat ini.

Perlu diketahui, bahwa Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja, namun banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. 

"Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES