Indonesia Positif

Memacu Siswa Suka Membaca, MIM Gumiwang Tes EGRA

Jumat, 28 Oktober 2016 - 01:08 | 116.87k
Salah satu siswa MIM Gumiwang saat di Tes EGRA. Kamis (27/10/2016). (Foto :Bang Q Maoen/TIMES Indonesia)
Salah satu siswa MIM Gumiwang saat di Tes EGRA. Kamis (27/10/2016). (Foto :Bang Q Maoen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gumiwang, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, menggelar Tes Early Grade Reading Assesment (EGRA), Kamis (27/10/2016).

Tes EGRA ini meliputi, tes Membaca huruf, Membedakan bunyi awal (fonem), Membaca kata bermakna, Membaca kata tidak bermakna, Membaca cepat dan memahami bacaan dan menyimak bacaan.

Selain dari kemampuan membaca, EGRA juga bisa menunjukkan kecepatan membaca anak dan pemahaman terhadap isi bacaan. Tes EGRA dilakukan secara individual  dan memakan waktu kurang lebih 15 menit untuk setiap anak.

Kepala MIM Gumiwang (Mugubangga) Sakimun, mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan USAID Prioritas Provinsi Jawa Tengah dengan sasaran siswa kelas awal, dan kelas 3.

"Program ini sangat bermanfaat, sebab kemampuan membaca siswa dapat terukur," kata Sakimun.

Selain itu, Sakimun berharap, dengan tes ini, siswa menjadi gemar membaca. "Apalagi sekarang di Madrasah kami sudah ada sudut-sudut baca di setiap kelas, sehingga siswa dengan mudah mencari sumber-sumber bacaan."Imbuh Sakimun.

Satu di antara siswa, Pradipa Hayyan Nabil mengaku senang saat ditanya setelah mengikuti tes EGRA. "Aku jadi tahu kemampuan membaca dan bagaimana memahami apa yang dibaca. Selama ini hanya sekedar membaca tanpa memperhatikan maksud atau isi apa yang dibaca," akunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES