Indonesia Positif

Kreativitas Mahasiswa Buddha Se-Indonesia Dilombakan

Kamis, 27 Oktober 2016 - 13:03 | 91.09k
Pembukaan Loka Dhamma di Conventions Centre Ancol Jakarta, Selasa (25/10) malam. (foto: humas kemenag for timesindonesia)
Pembukaan Loka Dhamma di Conventions Centre Ancol Jakarta, Selasa (25/10) malam. (foto: humas kemenag for timesindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Buddha menggelar ajang kreativitas mahasiswa Buddha tingkat nasional. Acara yang dikenal dengan Mahaniti Loka Dhamma (MLD) Tingkat Nasional ini dihelat pada 25-28 Oktober 2016.

Gelaran MLD ke-V yang mengambil tema Karya Kreativitas Sebagai Bentuk Aktualisasi Diri Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha ini dibuka Plt Dirjen Bimas Buddha Nur Syam.

Kemenag menilai, kegiatan MLD bermanfaat bagi perkembangan penganut agama Buddha, bangsa, dan negara. Menurutnya, ada tiga hal yang patut diapresiasi dari penyelenggaran MLD.

Pertama, terkait pengembangan Perguruan Tinggi Agama Buddah (PTAB). "Pendidikan Tinggi Agama Buddha harus menjadi centre of excellent atau pusat keunggulan, yang tidak hanya menjadi pusat pengembangan pendidikan, tapi juga pusat research pendidikan dan pengabdian pada masyarakat," kata Nur Syam di Putri Duyung Conventions Centre Ancol Jakarta.

Kedua, sambung dia, terkait pengembangan mahasiswa melalui aktivitas penelitian. Menurutnya, sebagai generasi penerus, mahasiswa harus memiliki sensitivitas dalam ilmu pengetahuan dan akademis melalui aplikasi pengabdian masyarakat.

"Penelitian akan menghasilkan konsep atau teori teori baru yang kemudian diaplikasikan pada pengabdian terhadap masyarakat," imbuhnya.

Terkait pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keberadaan 14 PTAB, 12 PTAB Swasta dan 2 PTAB Negeri, diharapkan bisa mendorong terbangunnya iklim kompetitif dalam tugas pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

"Dengan begitu, pengembangan PTAB akan mengarah pada pusat-pusat keunggulan yang memudahkan masyarakat untuk memilih saat akan mencari tempat belajar agama Buddha,'' ujarnya berharap.

Sementara, Sekretaris Ditjen Bimas Buddha, Caliadi, menambahkan, sebagai wadah pengembangan kreativitas mahasiswa, MLD harus dapat memperkuat spirit mahasiswa PTAB dalam pengamalan Buddha Dhamma.

"Maskot MLD kali ini adalah kuda Shindu, melambangkan semangat dan pantang menyerah," ungkap Caliadi.

MLD V diikuti 224 orang dari 14 PTAB negeri dan swasta. Mereka akan mengikuti 5 jenis perlombaan utama, yaitu: Presentasi Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Penelitian (PKM-P), Presentasi Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), Presentasi Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Kewirausahaan (PKM-K),Presentasi Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Karya Cipta Media Pembelajaran maupun media ceramah/dhammadesana (PMK-KC), Presentasi Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan 2 lomba penunjang yaitu Dhammadesana Bahasa Inggris serta Microteaching. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES