Peristiwa Daerah

Siswa yang Kelasnya Ambruk Tempati Ruang Perpustakaan

Kamis, 27 Oktober 2016 - 12:04 | 47.06k
Kondisi ruang kelas 6 SD Negeri Ampel 4 yang atapnya runtuh, Kamis (27/10/2016). (foto: Mahrus S/TIMES Indonesia)
Kondisi ruang kelas 6 SD Negeri Ampel 4 yang atapnya runtuh, Kamis (27/10/2016). (foto: Mahrus S/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Siswa SD Negeri Ampel 4 Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang atap kelasnya ambruk menempati ruang perpustakaan untuk kegiatan belajar. Pemindahan itu telah dilakukan pihak sekolah sebelum atap kelas 6 sekolah tersebut runtuh. 

Kepala SD Negeri Ampel 4, Suwartiningsih mengatakan, pemindahan siswa itu dilakukan sejak awal tahun ajaran ini. Pihak sekolah telah mengantisipasi rubuhnya atap kelas itu karena kondisi kayu penyangga atap telah lapuk karena faktor usia. 

BACA JUGA : Satu Ruang Kelas SD Negeri di Jember Ambruk

"Setahu saya sejak gedung itu dibangun memang belum pernah direhab," katanya, saat ditemui sejumlah wartawan di Kantor SD setempat, Kamis (27/10/2016) siang. 

Menurut dia, sebenarnya sekolah bersama komite telah mengajukan usulan rehab gedung itu sejak tahun kemarin. Namun hingga insiden runtuhnya atap kelas ini bantuan tersebut belum diterima. 

"Informasinya tahun ini bantuan itu disetujui. Bahkan rencananya pada bulan Oktober ini cair. Namun, sebelum bantuan itu diterima atap kelas tersebut telah runtuh terlebih dulu," ujarnya. 

Saat ini, pihak sekolah telah memasang tali pengaman yang dipasang melingkar di kelas yang runtuh. Upaya itu dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban bila ada insiden susulan. 

"Agar siswa tidak bermain-main di area kelas yang rusak itu. Khawatirnya ketika ada hujan susulan bangunan itu kembali runtuh," kata Suwartiningsih, menambahkan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Wuluhan, Ismail menuturkan, ruang kelas yang runtuh di SD Negeri Ampel 4 tersebut, merupakan satu dari lima sekolah di Kecamatan Wuluhan yang kondisinya mulai rusak. 

"Tapi yang terparah memang di SD Negeri Ampel 4 ini," ujarnya. 

Ismail mengaku telah mengajukan permohonan rehab ke Dinas Pendidikan Jember untuk sejumlah sekolah yang kondisinya mulai rusak tersebut. 

"Semoga saja semuanya bisa terealisasi tahun depan," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES