Ekonomi

Produk Intako Sidoarjo di Ekspor Perdana Ke Italia

Rabu, 26 Oktober 2016 - 22:45 | 207.57k
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat mengunjukngi pusat Industri Tas dan Koper (Intako) di Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, beberapa saat yang lalu. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat mengunjukngi pusat Industri Tas dan Koper (Intako) di Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, beberapa saat yang lalu. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Ketua Koperasi Industri Tas dan Koper (Intako), Tanggulangin, Sidoarjo, Ainur Rofik mengakui jika produk UKM dibawah Intako akan di mulai di ekspor Italia yang rencananya ekspor tersebut akan di mulau bulan depan.

"Kami (Intako red) sudah lakukan MoU dengan perusahaan  Albisetti International S.A Milan, Italia. Dan untuk produk UKM Intako akan dibawah pengawasan PT Agiomultimex, perusahaan sepatu dan sandal yang berlokasi di Sidoarjo," terang Ainur Rofik, kepada TIMES Indonesia, Rabu (26/10/2016).

Ainur menambahkan, jika selama ini produk Intako Tanggulangin sudah diekspor ke luar negeri, yang sah  satunya, ke negara Timor Leste, Amerika dan lainnya.

"Dengan menembus pasar Italia ini, merupakan suatu kebanggaan, brarti kami (Intako) asal Tanggulangin ini tidak kalah bersaing dengan produk Italia. Karena selama ini Negara Italia terkenal dengan produk tas dan produk kulitnya," katanya.

Dengan kerjasama tersebut, pihaknya akan menjaga mutu produk. "Apalagi kalau sudah diekspor begini, jelas membawah nama Sidoarjo dan Indonesia," harapnya.

Ekspor produk Intako ke Italia ini lanjut Ainur, suda melalui proses perjalanan yang cukup panjang sejak Pebruari 2016 lalu, tentunya berdasarkan contoh produk yang dikirimkan ke Italia.

Kerjasama ini juga disupport oleh ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di Milan.

“Ekspor perdana ke Italia nanti kami akan kirim sekitar 2500 tas, terdiri dari tas wanita, tas rajut, tas punggung dan tas pakaian,” paparnya.

Bukan hanya Italia, pruduk Intako akan diekspor ke 11 negara lainnya melaui bapak asuh PT Agiomultimex  Sidoarjo. Selanjutnya, akan dipasarkan ke seluruh dunia.

Dengan bisa menembus pangsa pasar internasional, diharapkan bisa membuat UKM di Sidoarjo jaya lagi seperti sebelum terjadi semburan lumpur panas Lapindo di Porong.

Untuk pengembangan ekspor yang dilakukan UKM Intako, juga disupport Bank Jatim Cabang Sidoarjo. Terutama untuk permodalan, agar UKM bisa meningkatkan ekspor.

"Selama ini Bank Jatim Cabang Sidoarjo, mengucurkan kredit lunak kepada UKM di Kabupaten Sidoarjo,terutama di Intako," pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES