Kesehatan

Atasi Jentik Nyamuk DBD? Coba Pakai Buah Ini

Kamis, 27 Oktober 2016 - 06:09 | 32.83k
Ilustrasi buah pare
Ilustrasi buah pare

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menemukan metode untuk membunuh jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Caranya dengan memanfaatkan buah dan biji pare.

"Dalam buah dan biji pare mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan terpenoid yang cukup tinggi. Keempat senyawa itu memiliki kemampuan untuk membunuh jentik nyamuk," tutur Diyah Tri Utami, mahasiswa Fakultas Biologi UGM.

Menurutnya, senyawa tersebut bisa mematikan syaraf dan menyerang sistem pernafasan pada hewan-hewan kecil seperti jentik nyamuk.

Dengan posisi berada di wilayah tropis, Indonesia berpotensi menjadi tempat berkembangnya penyakit DBD. Dan itu dibuktikan dengan data yang mencatat jika DBD masih menjadi penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

"Data Kementerian Kesehatan mencatat, masih terjadi sebanyak 7.244 kasus DBD di Indonesia selama tahun 2015," imbuh Diyah.

Upaya pencegahan yang sudah ada, salah satunya pemberian larvasida kimia macam abate, diklaim bisa menimbulkan efek samping bila dilakukan terus menerus. Efek samping tersebut di antaranya resistensi, pencemaran lingkungan serta efek karsinogenik dari abate.

Untuk itu Diyah menyebut penggunaan buah dan biji pare dalam membunuh jentik nyamuk DBD, terbukti efektif dalam memberantas perkembangbiakan nyamuk DBD dengan efek samping minimal.

"Sekaligus, penggunaan buah dan biji pare meminimalisasi penggunaan bahan kimia dalam memberantas jentik nyamuk DBD. Termasuk di dalamnya, buah dan biji pare ramah lingkungan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : UGM

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES