Olahraga

Jadi Tuan Rumah, Menpora Patok Target 20 Emas

Selasa, 25 Oktober 2016 - 17:07 | 44.09k
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi (Foto: setkab)
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memasang target 20 medali emas untuk kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 mendatang, terutama karena Indonesia berposisi menjadi tuan rumah.

"Kalau di Incheon (Korsel) kemarin kita hanya mendapatkan 4 medali emas. Kita harapkan di Asian Games 2018 kita bisa memperoleh setidaknya 20 medali emas. Kita ingin masuk ke 8 besar, jadi ranking 8 kita harapkan. Itu menjadi prioritas prestasi bagi kami," paparnya.

Menpora mengklaim jika 20 medali emas itu diharapkan menjadi sumbangan cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, dayung, judo, karate, tinju, atletik, sepeda dan beberapa cabang lainnya.

Ia menambahkan jika semua atlet yang berlaga di Olimpiade Rio beberapa waktu lalu ditargetkan turun kembali pada Asian Games edisi XVIII nanti. "Bukan berarti mereka turun kelas tetapi karena kita menjadi tuan rumah tentu kita harus mencapai prestasi yang lebih baik," imbuhnya.

Dengan kurun waktu yang cukup panjang sebelum perhelatan pesta olahraga negara-negara Asia itu digelar di empat provinsi (DKI Jakarta, Jabar, Sumsel dan Banten) itu, Menpora mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan dan kesiapan atlet-atlet tersebut dengan sistem promosi-degradasi.

"Apakah mereka betul-betul ikut turun atau tidak, dalam waktu 2 tahun kita akan lihat perkembangan mereka nanti. Makanya setiap mereka bertanding baik itu single maupun kejuaraan yang lain di level internasional kita akan melihat apakah mereka ada kemajuan atau peningkatan atau sebaliknya," ucap Imam.

Untuk itu, Menpora menegaskan jika pemerintah akan menyiapkan pemusatan latihan yang sistematis, terstuktur, terencana dengan pendekatan sport science yang dilakukan di kawasan Cibubur sebagai olympic center.

"Di dalamnya ada asrama atlet, ada dining hall, ada tempat-tempat untuk latihan, dan bahkan ada kawasan sport medis dan sport science di dalamnya sehingga perkembangan atlet setiap saat itu bisa dipantau," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES