Indonesia Positif

Menkominfo: Media Harus Mencerahkan dan Mendidik

Senin, 24 Oktober 2016 - 16:35 | 38.47k
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: kominfo)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meyakini jika media memiliki peran signifikan dalam hal mendidik masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta media menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat, bukan menyesatkan.

Hal itu disampaikan Menkominfo saat membuka Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) General Assembly ke-53 di Nusa Dua  Bali, Senin (24/10/2016). Menurutnya, secara khusus media bisa menjadi saluran penyebaran informasi publik, partisipasi masyarakat, opini publik, hak-hak sipil dan pembentukan nilai-nilai demokrasi.

"Media juga memainkan peran penting dalam menjembatani perbedaan. Dengan media, informasi dapat disampaikan kepada masyarakat yang memberikan pemahaman publik melalui konten yang mencerahkan dan mendidik," ujarnya.

Menkominfo juga menegaskan jika media harus menjalankan informasi, pendidikan, hiburan dan fungsi kontrol sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. "Selain itu juga memberikan informasi yang akurat, cepat, edukatif dan inspiratif," tambahnya.

Dalam pembukaan acara, Menkominfo menegaskan pada para peserta jika sebagai tuan rumah, Indonesia akan mengedepankan visi kebangsaan dan keseragaman berbangsa. "Dan tentunya akan memperkenalkan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara berdaulat. Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenkominfo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES