Peristiwa Daerah

Lapindo Pastikan Pasokan Gas Tidak Terganggu Pipa Bocor

Senin, 24 Oktober 2016 - 12:05 | 49.40k
Warga melintas di samping sungai lokasi dimana pipa gas milik lapindo bocor di Desa Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/10/2016). (foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Warga melintas di samping sungai lokasi dimana pipa gas milik lapindo bocor di Desa Kalidawir, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/10/2016). (foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Pihak lapindo Brantas Inc melakukan shut-in (mematikan sumur secara manual) terhadap sumur Tanggulangin (TGA) 5.

Penghentian operasional sumur TGA 5 dilakukan paska kebocoran pipa penyalur distribusi gas menuju ke gas plant yang ada sumur TGA 3 dikawasan Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat (21/10/2016) lalu.

BACA JUGA: Pipa Gas Lapindo Bocor, Ini Kronologisnya

Meski demikian, Lapindo Brantas Inc menjamin pasokan gas untuk jargas bagi warga tidak terganggu karena langsung dialihkan ke sumur TGA 1 dan TGA 2.

“Meski kami lakukan shut-in, pasokan untuk program Jargas (jarigan gas) ke warga tidak terganggu, sebab gas kami pasok dari sumur lain. Saat ini Lapindo Brantas Inc, sedang bersiap untuk memperbaiki pipa yang bocor agar sumur TGA 5 segera bisa berproduksi lagi,” terang Vice President  Operation PT Lapindo Brantas Inc Harsa Harjana, Senin (24/10/2016).

Lebih jauh pria yang akrab dipangil Harsa ini menjelaskan, pipa yang bocor ada di bawah aliran sungai itu diduga bocor pada bagian ujung pipa di bawah air sungai. Tepatnya pada kedalaman 2 meter dari dasar sungai yang melintas di Desa Kalidawir tersebut.

“Kami menduga, kebocoran pipa itu akibat ada timbunan air yang terbawa gas pada bagian pipa yang berbentuk ‘U’. Karena itu, kami tidak akan memperbaiki pipa lama yang ada di bawah sungai. Tetapi mengganti dengan pipa baru dan memindahkan posisinya di atas  sungai,” paparnya.

Penjelasan itu disampaikan Lapindo Brantas Inc ini, Tegas Hasta, karena adanya kekhawatiran warga bahwa pasokan gas untuk program Jargas bakal mengalami gangguan.

"Seperti awak media ketahui, Pertagas sedang menuntaskan program jargas sekitar  3.850 sambungan rumah (SR) untuk warga Tanggulangin, Sidoarjo. Gas program Jargas itu diambilkan dari sumur Lapindo Brantas yang ada di Tanggulangin, Makanya kami akan segera melakukan perbaikan agar proses penyaluran gas bisa kembali normal lagi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES