Indonesia Positif

Jadi Ketua HKTI Jatim, Ini Visi-Misi Hasan Aminuddin

Senin, 24 Oktober 2016 - 09:15 | 169.95k
Hasan Aminuddin, Ketua DPP HKTI Jawa Timur terpilih saat menyampaikan visi - misi di Hotel V3 Surabaya. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Hasan Aminuddin, Ketua DPP HKTI Jawa Timur terpilih saat menyampaikan visi - misi di Hotel V3 Surabaya. (Foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Hasan Aminuddin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jatim lewat, Musyawarah Provinsi (Musprov) yang digelar di Hotel V3, Jl Tambak Bayan Tengah, Surabaya, Minggu (23/10/2016) malam.

Hasan akan memimpin HKTI untuk periode 2016-2020. “Saya terima amanah ini,” kata pria yang juga anggota DPR-RI itu, saat memberi sambutan sebagai ketua terpilih.

Sebagai ketua, ia memiliki visi mewujudkan ketahanan pangan dan perlindungan petani.

hasaneMaO7.jpg

Menurutnya, petani harus menjadi perhatian karena kunci untuk menyejahterakan masyarakat Jatim ada dua komponen: petani dan nelayan. “Kalau itu sudah kuat, investor pasti datang sendiri,” katanya.

Untuk mewujudkan visi besar itu, Hasan menyiapkan tiga misi. Pertama, mengawal tata niaga pertanian. Kedua, pendampingan petani mulai dari proses pembibitan sampai panen, mulai hulu sampai hilir. Ketiga, mengusahakan adanya agro industri yang memperkuat daya tawar petani.

Hasan menyatakan, upaya itu telah ia mulai dari Kabupaten Probolinggo dengan melibatkan kepala desa sebagai pengelola dana desa yang jumbo. “Kalau dalam tiga tahun membangun infrastruktur desa selesai, buat apa dana desa itu?,” ujarnya.

Untuk membuka cakrawala para kades, sekitar tiga bulan lalu mereka diajak ke Jakarta, untuk mendapatkan pemaparan dari Kementerian Desa. Para kades diarahkan untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Untuk itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Probolinggo diminta menyiapkan perangkat pembentukan BUMDES. “(Dana desa, Red) buat fokus ke pertanian, setelah infrastruktur selesai,” terang Hasan.

Dalam kesempatan yang sama, Hasan juga bercerita kehidupan orang tuanya dulu, yang berprofesi sebagai petani. Di depan rumahnya, ada lumbung padi. Gabah hasil panen, diangkut dengan cikar menuju lumbung. Dalam proses ini, ada sejumlah tetangga yang bekerja.

Dengan lumbung itu, ayah Hasan mampu menyekolahkan delapan anaknya. “Hari ini, untuk makan saja tidak cukup, apalagi menyekolahkan anak?!,” kata mantan Bupati Probolinggo dua periode tersebut.

Musprov HKTI Jatim dihadiri Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI, Mahyudin. Acara pemilihan dimulai sekitar pukul 21.30 dan berlangsung sampai 22.30 WIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES