Peristiwa Daerah

Mensos Sosialisasikan Kartu Keluarga Sejahtera di Gresik

Minggu, 23 Oktober 2016 - 21:29 | 32.72k
Mensos sosialisasikan program PKH di Gresik. Minggu (23/10/2016) (Foto: Mohammad Zaini/TIMES Indonesia)
Mensos sosialisasikan program PKH di Gresik. Minggu (23/10/2016) (Foto: Mohammad Zaini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa memastikan bantuan Sosial untuk Program Keluarga Harapan (PKH) di Gresik non tunai bisa dicairkan mulai 5 Nopember 2016. 

Kepastian ini disampaikan setelah Khofifah melihat secara langsung kesiapan 296 agen di Gresik yang telah menyatakan kesiapannya untuk mendistribusikan kartu keluarga sejahtera kepada 61.335 penerima manfaat PKH di Gresik, Minggu (23/10/2016).
 
Terkait program PKH yang kali ini diberikan dalam bentuk non tunai, Khofifah memberikan motivasi penerima bantuan agar mulai rajin menabung. Sebab, Menurutnya, Kartu keluarga sejahtera yang berwarna merah putih itu bisa digunakan sebagai kartu debet. 

“Nantinya penerima manfaat PKH bisa mengambil uang sesuai kebutuhan dan disisakan sebagai tabungan”, katanya.
 
Khofifah beralasan, selain untuk mendidik penerima manfaat PKH agar bisa menabung juga untuk meminimalisir penggunaan bantuan oleh orang lain yang tidak berhak.

"Kalau dulu ada yang kartunya digadaikan, bahkan ada yang ketika menerima bantuan langsung dibelanjakan untuk keperluan lain, dengan pembayaran non tunai maka bantuan tersebut akan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Mensos juga membagikan bantuan senilai Rp132 milliar. Bantuan tersebut meliputi dana PKH, dana kompensasi eks Timor Timur yang ada di Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Bantuan hibah Paket sandang, serta bantuan anak berprestasi. 

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim menyampaikan saat ini bantuan sosial kepada masyarakat meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau dulu total bantuan sosial diberikan kepada 15.369 penerima. Tahun ini meningkat menjadi 24.532 penerima. Kami berharap bantuan sosial ini bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES