Pendidikan

Amazing Camp, SD Alam Baiturrahman Bergerak untuk Bontang Bebas Sampah

Minggu, 23 Oktober 2016 - 19:14 | 189.04k
Prosesi memanah balon menandakan pembukaan Amazing Camp 2016 (Foto : Andry Subandono/TIMES Indonesia)
Prosesi memanah balon menandakan pembukaan Amazing Camp 2016 (Foto : Andry Subandono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) "Sekolah Alam (SA)" Baiturrahman, Bontang, Kalimantan Timur, telah menuntaskan program Amazing Camp 2016 bertemakan "Bergerak Untuk Bontang Bebas Sampah" yang berlangsung tiga hari. 

Kegiatan yang digelar di halaman parkir sekolah SD Alam ini merupakan agenda tahunan sejak 2011 itu diikuti 350 siswa dan 20 guru beserta karyawan sekolah, mulai digelar sejak Kamis (20/10/2016) hingga Sabtu (22/10/2016). 

"Target yang ingin dicapai di Amazing Camp, yang pertama, mempersiapkan dan mencetak generasi muda untuk menjadi pemimpin di muka bumi dengan nilai-nilai yang baik," ungkap Ketua panitia Evi Sofiya Winayati. 

Ia menjelaskan target kedua diadakan Amazing Camp, yakni untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya sejak usia dini. 

"Dengan mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan akan menumbuhkan karakter untuk lebih peduli, berani, mandiri, disiplin, bertanggung jawab serta tidak mudah menyerah dalam hal apapun," ucap Vivi panggilan akrabnya menjelaskan target ketiga Amazing Camp. 

Lebih lanjut, Vivi berharap, dengan sejumlah target itu dalam Amazing Camp itu, para siswa bisa menjalankan visi sekolah alam yaitu membentuk khalifatullah fil ardh.

"Implikasinya tidak hanya menyayangi masyarakat, tetapi juga mencintai alam juga," tambahnya.

Amazing Camp 2016 yang dibuka pada Kamis (20/10/2016) pukul 16.00 WITA, dengan prosesi penancapan bendera Amazing Camp dan pelepasan balon yang dipanah oleh tim panah termasuk Kepala sekolah Mutmainah dengan disaksikan Ketua Yayasan Baiturrahman, Rodhiyah dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Gatot Hadi.

"Tema yang diusung Amazing Camp ini bersinergi dengan program-program sekolah yang sudah dilakukan sehari-hari selama kegiatan belajar mengajar," kata Mutmainah.

Menurutnya, Amazing Camp memiliki tujuan mulia, sebab, harapannya semua orang peduli terhadap sampah dan lingkungan. "Tak ada sampah, bumi indah. Tak ada sampah, Bontang indah" ucap Mutmainah.

Untuk diketahui, Amazing Camp SA Baiturahman ini berbeda dengan kemah-kemah seperti biasanya. Selama, Amazing Camp 2016 diisi dengan team games, pentas seni lingkungan, cross tracking, dan kegiatan lain yang bersinggungan dengan lingkungan.

Apalagi, pelaksaan Amazing Camp 2016 SA Baiturahman yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Alam Nasional (JSAN) pada pelaksanaan tahun 2016 ini berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. 

"Orang tua murid tidak diperkenankan menjenguk buah hatinya selama berlangsungnya kegiatan. Terkecuali saat malam Pentas Seni Lingkungan (pensil, red) yang memang dihadirkan untuk seluruh peserta dan orangtua murid," sambung salah satu panitia, Rudi. 

Selanjutnya pada Jum'at malam (21/10/2016), digelar Pentas Seni Lingkungan (pensil) yang dihadiri peserta dan orangtua siswa. Pantauan BontangTIMES, sedikitnya 500 orang turut menyaksikan atraksi para siswa.

"Senang sekali melihat anak saya mandiri dan kreatif memanfaatkan limbah yang ada di rumah, tenyata dibawa ke sekolah dijadikan kostum untuk tampil disini," aku salah satu orang tua siswa, Didik. Ia pun berharap, Amazing Camp selalu ada setiap tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES