Peristiwa Daerah

Alex - Rustam Sepakati Kerjasama Strategis Sumsel dan Babel

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 22:35 | 70.68k
Penandatanganan Kesepakatan Sumsel dan Babel antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi. (Foto: Istimewa)
Penandatanganan Kesepakatan Sumsel dan Babel antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BELITUNG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalin kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengoptimalkan pemafaatan sumber daya yang dimiliki kedua daerah.

Ruang lingkup kerjasama meliputi bidang Pekerjaan Umum, Perhubungan, Enegri dan Sumber Daya Mineral, Ketahanan Pangan, Kebudayaan dan Pariwisata, Perindustrian dan Perdagangan, Penelitian dan Pengembangan, Olahraga, serta bidang lainnya yang disepakati bersama berdasarkan kebutuhan kedua daerah.

Penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama ini dilakukan langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi, disaksikan langsung Deputi Bidang SDM, Iptek, Budaya dan Maritim, Dr. Ir. Syafri Burhanudin DEA, di Pendopo Tanjung Kelayang – Tanjung Pandan Kab. Belitung, Sabtu (22/10/2016).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan,  kesepakatan bersama ini salah satunya ditujukan agar manfaat yang ada di Kawasan Ekomomi Khusus TAA bisa dirasakan juga oleh daerah lain diluar Sumsel.

"Lokasi KEK TAA sangat dekat dengan wilayah Provinsi Kepulauan Babel sehingga  Babel dapat mengambil manfaat dengan adanya kawasan terpadu ini", Ujar Ketua DPD Golkar Sumsel ini.

"Seperti halnya Ggs Sumsel yang telah menerangi Singapura selama bertahun-tahun akan dialirkan juga ke Bangka Belitung," ungkap Alex.

Manfaat lain yang mungkin bisa di ambil dari kerjasama ini, kata Alex, yakni 2018 mendatang Sumsel sebagai tuan rumah event Internasional Asian Games.

Sementara, Deputi Bidang SDM, Iptek, Budaya dan Maritim, Dr. Ir. Syafri Burhanudin DEA mengatakan, kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama yang dilakukan Pemprov Sumsel dan Babel diharapkan sinergitas pembangunan Sumsel dan Babel dapat terus meningkat.

"Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kawasan terpadu Tanjung Api-Api, sinergitas Sumsel dan Babel Terkait TAA kita harapkan terus ditingkatkan," ujarnya.

Senada disampaikan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi yang mengatakan, dari kerjasama yang dilakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi kedua daerah khususnya dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki.

"Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kedua pihak, dalam kerjasama ini terdiri dari beberapa bidang sasaran kerja sama," tandasnya.

Untuk diketahui, Kerjasama bidang perhubungan Sumsel dan Babel direncanakan akan dibuat jalur perintis, yang menghubungkan langsung Provinsi Sumsel-Provinsi Babel. Jalur perintis tersebut, akan melibatkan kerjasama arus lalu lintas barang pangan antar kedua provinsi.

Untuk bidang Pariwisata, direncanakan akan dilakukan kerjasama kedua Provinsi dengan membuat paket wisata bersama termasuk rute penerbangan didalamnya, seperti yang diketahui, Provinsi Babel mempunyai laut, pantai. Sedangkan Sumsel, lebih mengunggulkan dalam wisata religius.

"Paket wisata bersama akan menjadi terobosan baik peningkatan dunia kepariwisataan Sumsel dan Babel", pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES