Kesehatan

Turunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 04:36 | 44.97k
ILUSTRASI. Menurunkan berat badan dengan bersepeda. (Foto: gowes.org)
ILUSTRASI. Menurunkan berat badan dengan bersepeda. (Foto: gowes.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bersepeda merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Bersepeda juga memiliki potensi cedera lebih kecil dibandingkan olahraga ringan lainnya seperti lari.

"Kalau lari, setiap kali menginjak tanah, tekanan berat badan kita akan dipantulkan. Jadi semakin berat bobot seseorang, semakin tinggi tekanan yang dipantulkan, bisa semakin sakit lututnya," kata pendiri Women Cycling Community (WCC) Indonesia, Helen Susanto, di Jakarta, dilansir dari Antara, Jumat (21/10/2016).

Berbeda dengan lari, bersepeda justru akan membuat kondisi tubuh bisa lebih relaks. Bersepeda juga akan lebih banyak membakar kalori di paha dan betis sehingga memaksimalkan pembentukan otot di kaki.

Meski olahraga lari dinilai memiliki resiko cedera lebih tinggi daripada ersepeda, Helen mengatakan, mengkombinasikan kedua jenis olahraga ini juga menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan. Caranya, lakukan bersepada terlebih dulu agar berat badan sedikit berkurang, selanjutnya Anda bisa mengkombinasikannya dengan lari.

"Kalau dengan bersepeda sudah turun berat badannya, baru running (lari)," pungkas Helen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES