Indonesia Positif

Tim SIGAB Support Korban Longsor Dukuh Banaran

Jumat, 21 Oktober 2016 - 04:09 | 53.22k
Salah satu rumah warga yang terkena longsor. (Foto: ajp.TIMES Indonsia)
Salah satu rumah warga yang terkena longsor. (Foto: ajp.TIMES Indonsia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak dipungkiri musibah dan bencana selalu menyisakan kesedihan dan kepedihan. Betapa tidak, sekian orang yang dicinta terenggut. Harta benda musnah tak tersisa. Berbagai agenda dan acara pun harus tertunda. Bahkan, segenap pikiran hanya tercurah untuk meratapi diri.

Belum lama peristiwa longsor terjadi di Purwerejo. Sisa-sisa puing bencana itu pun masih terlihat di lokasi bencana. Namun, tanpa diduga bencana itu terjadi kembali, Minggu (16/10/2016).

Di Dukuh Banaran, RT 38 dan 39, RW 12, Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, beberapa rumah tertimbun dan rawan longsor susulan.

Bencana itu membuat tim SIGAB PPPA Daarul qur'an langsung menuju lokasi. Dikarenakan, curah hujan yang sangat tinggi jalur menuju lokasi menjadi lebih berbahaya.

Jalan yang menanjak dan lincin, serta tebing curam di sisi jalan, mengharuskan tim SIGAB harus ekstra hati-hati. Khususnya dalam memberikan pertolongan pertama kepada para korban.

"Setiap kali hujan datang, kami tidak berani tidur di dalam rumah Pak. Sekarang, anak dan cucu saya mengungsi di rumah kerabat di atas," tutur Samuri, 56.

Samuri adalah salah satu dari beberapa rumah yang tertimbun longsor. Syukurlah, tak ada yang terluka pada anggota keluarganya. Hanya rumah yang tak mungkin bisa di tempati lagi untuk beberapa waktu dan harta benda yang tak terselamatkan.

Kedatangan tim SIGAB tak hanya memberikan support berupa uang tunai. Tapi juga memberikan pula trauma healing kepada anak-anak maupun orang tua.

"Kami berharap, kedatangan tim dapat meringankan beban dan kesedihan warga setempat. Support yang diberikan dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berkah untuk masyarakat Indonesia yang memberikan perihatiannya kepada warga Dukuh Banaran," kata Program Officer PPPA Daarul Qur'an, Jahidin Zey. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES