Kuliner

Pecel Peyek Ombo Mbok Sarti, Sensasi Pedasnya Bukan Main

Kamis, 20 Oktober 2016 - 10:31 | 271.97k
Pecel Peyek Ombo Mbok Sarti Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Kamis (20/10/2016).(Foto : Romi S/TIMESIndonesia)
Pecel Peyek Ombo Mbok Sarti Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Kamis (20/10/2016).(Foto : Romi S/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Bagi anda yang suka makan pedas, harus coba dulu nasi pecel peyek ombo mbok Sarti yang terletak di Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. Selain dengan ciri khas rempeyek yang cukup lebar (peyek ombo) sambel pecelnya bisa bikin anda kepedasan.

Sekilas nasi pecel di warung mbok sarti ini, tidak beda dengan nasi pecel yang lainnya, yang membedakan adalah rasa khas sambal yang pedas dan ukuran rempeyeknya yang sangat besar atau lebar.

"Kalau kacang yang dibuat sambal satu kilo, maka cabainya sebanyak satu setengah kilo," kata Mujayanah anak dari Mbok Sarti, yang saat ini meneruskan usaha, Kamis (20/10/2016).

Anak ke lima dari mbok sarti ini menambahkan, dalam sehari di warung yang sudah ada mulai tahun 1992, mampu menghabiskan beras hingga 35 kg bahkan hingga 70 kg per hari.

"Pada awal buka warung, ibu pernah cerita, hanya menghabiskan beras dua kilo, tahun demi tahun bertambah, hingga saat ini rata-rata perhari 35 kg beras habis," paparnnya

Tak heran, bila warung sederhana ini selalu dipenuhi pelanggannya karena hanya mematok harga cukup murah. Dengan Rp 6000 saja anda sudah bisa menikmati pecel peyek ombo ini.

"Satu porsi hanya enam ribu, dan satu gelas es teh cuma dua ribu per gelas," ucapnya.

Tidak percaya dengan sensasi pedas dari sambal mbok Sarti, wanita asal Banyuwangi kota, Yunita Sari mencoba memesan satu porsi

"Huahhhh pedas sekali sambalnya, hingga gak saya habiskan sambalnya," ujarnya, sambil minum es teh, untuk menghilangkan rasa pedas.

Sambelnya yang sangat pedas asal Banyuwangi, juga pernah di kirim beberapa negara seperti Amerika, Taiwan dan Hongkong. Belum lagi yang dibawa sebagai oleh-oleh oleh warga Banyuwangi yang pergii berkunjung ke sanak saudara, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES