Kesehatan

Cara Sehat Menjaga Mata dari Rutinitas Depan Layar Kaca

Kamis, 20 Oktober 2016 - 10:03 | 60.74k
ILUSTRASI: Mata lelah. (Foto: brighterlife)
ILUSTRASI: Mata lelah. (Foto: brighterlife)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ritunitas yang tinggi di depan komputer/ laptop akan dapat menjadikan indra pengelihatan Anda mengalami gangguan dan akan berujung pada menurunnya produktifitas.

Lalu seperti apa cara menjaga mata agar tetap sehat walaupun pekerjaan mengharuskan Anda untuk tetap menatap layar computer.

Berikut beberapa tips, cara menjaga mata agar tetap sehat yang berhasil dirangkum TIMES Indonesia, Kamis, (20/10/2016):

1. Aturlah pencahayaan ruangan kerja Anda, jangan sampai ada kontras antara pencahayaan ruangan dengan cahaya yang keluar dari komputer Anda. Misalnya, lampu ruangan yang redup akan menimbulkan kontras dan akan tidak nyaman bagi kesehatan mata Anda.

2. Aturlah layer komputer hingga dapat membantuk sudut 10-15 derajat dari posisi dengan pandangan lurus Anda. Hal ini selain tidak membuat mata lelah juga membantu bahu dan leher Anda supaya lebih sehat dan tidak gampang capek.

3. Gunakan pencahayaan komputer yang tidak terlalu cerah, karena hal itu dapat membuat mata Anda cepat lelah dan dalam waktu yang lama akan dapat mengganggu kesehatan mata Anda.

4. Bila kesibukan Anda mengedit tulisan, gunakanlah font yang tidak terlalu kecil, yakni standarnya  ukuran font 12, dan untuk Anda mengedit gambar, bisa menggunakan tool zoom. Penggunaan obyek yang terlalu kecil akan memaksa mata Anda untuk bekerja lebih eksta dan hal itu dapat membuat mata Anda semakin cepat lelah.

5. Tanpa disadari, jika Anda bekerja di depan komputer kedipan mata Anda akan berkurang dan hal itu dapat menjadikan mata Anda cepat kering. Sehingga, sebaiknya Anda berkediplah secara teratur.

6. Buatlah tempo untuk mengistirahatkan mata, hal itu dapat Anda lakukan dengan selingan melihat obyek yang jauh (lebih dari 6 meter), Anda juga dapat melihat obyek-obyek yang ada di sudut-sudut ruangan kerja Anda.

Anda juga dapat menerapkan aturan 20-20, yakni 20 menit menatap obyek dekat dan diselingi 20 detik beristirahat melihat obyek yang jauh di sudut ruangan tanpa Anda harus meninggalkan tempat duduk atau layer monitor Anda.

7. Agar mata tetap sehat dan rileks, Anda sesekali dapat mencuci otot wajah dan organ mata Anda dengan air dingin. Dengan itu wajah dan mata Anda akan tetap fresh.

8. Saat mata lelah, Anda dapat memijat area di sekitar mata Anda agar peredaran darah ke mata Anda kembali lancar dan sehat kembali.

9. Berolahraga merupakan aktivtitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh tak terkecuali organ mata. Jika Anda memiliki rutinitas yang tinggi di depan komputer tanpa diimbangi olahraga, mata Anda akan mudah capek dan nyeri saat di depan layer komputer. Gunakanlah waktu sebijak mungkin pada tubuh Anda dengan menjadwalkan untuk berolahraga.

10. Hal serupa juga akan terjadi pada penggunaan gadget/ smartphone. Anda dapat menyesuaikan penggunaan alat canggih itu dengan cara yang sama pada komputer Anda, seperti mengatur pencahayaan, membatasi penggunaan, dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES