Kesehatan

Jalan Tanpa Alas Kaki, Banyak Manfaatnya Lho

Minggu, 18 Desember 2016 - 05:18 | 147.61k
ILUSTRASI, berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membuat tubuh sehat (Foto: liputan6)
ILUSTRASI, berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membuat tubuh sehat (Foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda berjalan tanpa alas kaki? Selain di rumah, tentu hal ini amat jarang dilakukan. Alasannya selain kaki akan kotor, karena Anda berpikir hal ini dapat membuat kaki cedera atau infeksi.

Padahal, zaman dulu saat sepatu belum ditemukan, orang-orang melakukan jalan kaki tanpa alas sama sekali. Namun mereka tetap hidup sehat.

Banyak sekali manfaat berjalan tanpa alas kaki yang justru membuat tubuh sehat, lebih kuat, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan mobilitas, dan kondisi mental.

Berikut 10 manfaat kesehatan berjalan tanpa alas kaki seperti yang terangkum dari Boldsky, Selasa, (17/10/2016):

1. Sistem Saraf Lebih Baik

Berjalan di tanah (alam) akan membuat otak menemukan keseimbangan. Sehingga membuat sistem saraf lebih baik.

2. Kuatkan Otot Kaki

Mau otot kaki lebih kuat? Coba jalan tanpa alas kaki. Selain membuat otot kaki lebih baik, cara ini juga mendukung keseimbangan tubuh.

3. Anak Lebih Sehat

Berjalan tanpa alas kaki dapat mengatasi diabetes dan obesitas pada anak-anak. Juga membantu otak dan indra mereka agar tetap dekat dengan alam.

4. Sembuh Arthritis

Kabar baiknya, cara ini juga dapat mengatasi penyakit arthritis atau kekakuan sendi yang biasanya menyerang perempuan atau pria di usia 50 tahun ke atas.

5. Lancarkan Aliran Darah

Berjalan tanpa alas kaki membuat otot menjadi aktif dan membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Selain itu membantu mengurangi rasa sakit sendi dan menyembuhkan varises.

6. Kurangi Tekanan Darah

Anda tentu pernah mendengar banyak saraf di telapak kaki yang berhubungan langsung dengan seluruh bagian tubuh. Nah, dengan berjalan tanpa alas kaki maka mampu merangsang saraf di bagian bawah kaki. Salah satunya, membantu menurunkan tekanan darah.

7. Kurangi Peradangan

Peradangan bisa menyebabkan kanker, diabetes, asma, masalah kardiovaskular. Berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi peradangan dan menenangkan ujung saraf di bawah kaki.

8. Memperbaiki Postur

Terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu datar lama-kelamaan dapat memengaruhi postur tubuh dan cara Anda berjalan. Seimbangkan pemakaian keduanya. Dan istirahatkan kaki Anda dengan berjalan tanpa alas kaki.

Cara ini membantu Anda memperoleh postur tubuh yang lebih baik karena mengurangi tekanan secara keseluruhan pada tubuh.

9. Pengaruhi Kualitas Tidur

Ion negatif yang mengalir pada tubuh membantu meningkatkan kualitas tidur. Begitu juga setiap kali habis berenang atau berjalan di pantai, tidur akan lebih berkualitas di malam hari.

10. Kencangkan Perut

Tanpa disadari, berjalan tanpa alas kaki rupanya dapat membantu mengencangkan otot-otot perut dan postur tubuh. Sehingga meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES