Peristiwa Daerah

KJPL Indonesia Gandeng Perhutani Divre Jawa Timur Identifikasi Hutan Sempol

Rabu, 12 Oktober 2016 - 09:03 | 47.34k
Adm KPH Perhutani, Adi Winarno saat membuka acara Journalist Trip To Forest (11/10/2016). (Foto: Ahdari/TIMES Indonesia)
Adm KPH Perhutani, Adi Winarno saat membuka acara Journalist Trip To Forest (11/10/2016). (Foto: Ahdari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) bekerjasama dengan Perhutani Divre Jawa Timur untuk mengidentifikasi hutan yang terletak di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Ketua KJPL Indonesia, Teguh Ardi Srianto mengatakan kemitraan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh KJPL.

BACA JUGA: KPH Perhutani Bondowoso Gunakan Pola Tanam Rezim

“Kegiatan ini rutin kita gelar setiap tahun dengan banyak pihak, kali ini kita bermitra dengan perhutani Jawa Timur yang tempatnya di Bondowoso. Hal ini dilakukan untuk peningkatan kapasitas building jurnalis,” katanya, Selasa (11/10/2016) malam.

“Teman-teman jurnalis ini kan sering menulis tentang lingkungan, terkadang mereka ini tidak paham secara detail inti aktifitas lingkungan itu,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Teguh, jurnalis membutuhkan data. Mengenai hutan, yang punya data terkait adalah perhutani. Baik terkait potensi alam maupun jenis kerusakan, pemanfaatan maupun keberlajutan hutan tersebut.

“Sebagai jurnalis, kita butuh itu. Tidak mungkin kan kita tanya kepada pihak yang tidak mengerti soal ini. Jadi kita tidak hanya menulis hutan di Jawa Timur rusak, tapi kita perlu konfirmasi. Dengan karya tulisan teman-teman jurnalis masyarakat akan terdorong untuk berpartisipasi menjaga kelestarian hutan,” ujarnya.

Sebagai informasi, acara yang digelar oleh KJPL Indonesia ini berlangsung selama dua hari yakni 11-12 Oktober 2016. Dengan diawali diskusi lingkungan pada tanggal 11 Oktober. Kemudian dilanjut identifikasi lapangan pada 12 Oktober 2016. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES