Gaya Hidup

Latih Kedisiplinan Anak dengan Cara Ini

Minggu, 09 Oktober 2016 - 03:24 | 50.78k
ILUSTRASI. Mengajarkan disiplin pada anak. (Foto: belfasttelegraph.co.uk)
ILUSTRASI. Mengajarkan disiplin pada anak. (Foto: belfasttelegraph.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki anak yang disiplin adalah dambaan banyak orangtua. Dengan memiliki sikap disiplin orang tua berharap anaknya bisa menghargai diri sendiri, menghargai orang lain, dan dapat dihargai orang lain. 

Agar anak-anak memiliki sikap disiplin orang tua perlu memiliki langkah yang tepat. Berikut strategi yang bisa dicoba agar anak bisa lebih disiplin, dilansir dari theasianparent.com, Sabtu (8/10/2016).

1. Mengenalkan Konsekuensi
Tahap awal mendisiplinkan anak bisa dimulai dengan cara sederhana. Saat anak melemparkan mainannya, jangan memungut mainan tersebut untuknya. Biarkan si kecil belajar dari pengalamannya sendiri. Jika ia melemparkan mainannya, maka ia tidak bisa memainkannya lagi sampai ia memungut sendiri mainan tersebut.

2. Beri Apresiasi Jika Melakukan Hal yang Baik
Biarkan anak belajar tentang standar perbuatan baik dan tidak baik lewat apresiasi dari orangtuanya. Anak yang tidak mendapat apresiasi yang cukup dari orangtuanya cenderung mengalami kebingungan tentang apa yang harus ia perbuat agar orangtua memperhatikannya. Saat melakukan hal baik dan mendapatkan apresiasi, anak pasti akan selalu berusaha mendapatkan apresiasi tersebut.

3. Berikan Peraturan
Oran tua harus konsisten dalam aturan memberikan aturan. Misalnya, jika kita melarang anak bermain gadget terlalu lama, kita juga harus memberi contoh bahwa orangtua juga tidak terlihat bermain gadget terus menerus di depan anak. hal ini dapat melatih anak agar ia tidak bingung mengapa peraturan tersebut hanya berlaku untuknya saja.

4. Jangan Menerapkan Hukuman Fisik
Menurut Asosiasi Kesehatan Mental Amerika, memberikan hukuman fisik hanya akan membuat anak bersikap lebih agresif, melakukan kekerasan pada orang lain, dan berpikir bahwa melukai orang yang mereka cintai itu tidak masalah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES