Kesehatan

Kendalikan Penyakit Jantung dengan Hidup Sehat

Jumat, 07 Oktober 2016 - 04:31 | 67.88k
ILUSTRASI. Penyakit jantung bisa dikendalikan dan dicegah dengan pola hidup sehat. (Foto: Kompas)
ILUSTRASI. Penyakit jantung bisa dikendalikan dan dicegah dengan pola hidup sehat. (Foto: Kompas)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Penyakit jantung dapat dicegah dan dikendalikan dengan mengubah gaya hidup. Hal ini bisa dimulai dengan membiasakan pola hidup sehat dan menjalani diet sehat.

"Penyakit jantung dapat dicegah dan dikendalikan dengan mengubah gaya hidup serta diet," kata Ahli Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Toto Sudargo dalam talkshow Kesehatan Jantung dan Gaya Hidup Masyarakat Modern di UGM, Yogyakarta, Kamis (6/10/2016), dilansir dari Antara.

Toto menjelaskan, diet sehat yang dimaksud adalah menjaga asupan protein, garam, lemak, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Anjuran konsumsi protein per orang per hari adalah 0,8 gram/kg berat badan. Sementara itu, konsumsi garam lima gram per hari, dan bagi penderita hipertensi sekitar 2-3 gram per hari. Sedangkan anjuran konsumsi buah dan sayur sebanyak lima porsi per hari.

Selain menjalani diet sehat, lanjut Toto, terdapat sejumlah bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti salmon, ikan tuna, sarden, dan ikan kembung.

"Bahan lain seperti minyak zaitun, gandum, apel, anggur merah, tomat, kedelai, coklat, dan kacang hijau baik dikonsumsi karena dapat menurunkan kolesterol LDL, anti inflamasi, mencegah penyempitan pembuluh jantung, serta bersifat antioksidan," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES