Gaya Hidup

Membuat Nyenyak Tidur Balita, Ini Caranya

Selasa, 04 Oktober 2016 - 00:27 | 36.03k
ILUSTRASI, bayi tertidur lelap (Foto: disinisaja)
ILUSTRASI, bayi tertidur lelap (Foto: disinisaja)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur merupakan hal yang penting bagi anak dalam masa tumbuh kembangnya. Tidur membantu perkembangan otak hingga fisiknya.

Bagi orang tua yang memiliki anak usia 1 hingga 2 tahun, ada baiknya mencoba langkah-langkah berikut ini agar anak bisa tidur dengan nyenyak demi kesehatannya. 

Dilansir dari babycenter.com, anak usia 1 hingga 2 tahun memerlukan tidur selama 11 jam pada malam hari dan 3 jam pada sore hari. Umumnya, jumlah jam tidur siang akan berkurang saat anak berusia dua tahun. 

Langkah pertama, biasakan anak untuk tertidur sendiri. Jangan dibiasakan memberi susu atau menggendongnya agar tidur. Ada baiknya sebelum tidur, ibu memberikan kebebasan bagi anak memilih rutinitas tidur. 

Pada usia ini anak cenderung sudah bisa memilih apa yang ingin lakukan. Biarkan ia memilih pakaian tidurnya atau cerita yang ingin didengarnya sebelum tidur. Anak pada usia ini juga rentan mengalami gangguan tidur. Agar anak bisa tidur nyenyak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Ukuran dan posisi kasur sangat berpengaruh. Berikan kasur sesuai dengan ukuran tubuhnya dengan posisi yang tidak terlalu tinggi agar nyaman. Jauhkan dari mainan atau barang-barang yang tidak penting di sekitar kasur. Kondisi ini akan mengganggu usahanya untuk tertidur.

Cara lainnya agar anak tidur nyenyak adalah menjaga keamanan anak saat tidur. Orangtua harua memilih tempat tidur yang pas. Karena anak pada usia ini rentan untuk bangun dari tidur dan melakukan gerakan tidak terduga. Suasana tenang dan menyenangkan turut menjadi kunci agar anak bisa tidur nyenyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES