Kesehatan

Kebanyakan Makan Nasi Putih Mampu Sebabkan Diabetes

Minggu, 02 Oktober 2016 - 08:01 | 197.37k
ILUSTRASI: Nasi putih. Ilustrasi/Foto:panduanhidupsehat
ILUSTRASI: Nasi putih. Ilustrasi/Foto:panduanhidupsehat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penelitian terbaru dari otoritas kesehatan Singapura menemukan bahwa mengkonsumsi nasi putih ternyata menjadi satu diantara penyebab penyakit diabetes.

Ketua Eksekutif Dewan Promosi Kesehatan, Zee Yoong Kang mengatakan obesitas dan minuman manis merupakan penyebab utama gangguan kesehatan di negara-negara Barat.

Akan tetapi, orang-orang Asia lebih cenderung menderita penyakit diabetes, karena mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan, sehingga mengkonsumsi nasi putih lebih beresiko terkena diabetes dibandingkan minuman soda manis.

Nasi putih sendiri menjadi makanan pokok sebagian besar orang Asia, yang ternyata mampu membebani tubuh dengan gula darah, sekaligus meningkatkan risiko diabetes.

Bedasarkan data yang dihimpun Harvard School of Public Health dari Strait Times, menemukan bahwa sepiring nasi putih yang dikonsumsi dalam satu hari secara teratur, dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 11 persen pada populasi secara keseluruhan dari 350.000 orang.

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa orang Asia, seperti Cina, terbiasa mengonsumsi empat porsi nasi sehari, sedangkan orang Amerika dan Australia makan hanya lima porsi nasi seminggu.

Oleh karena itu, makan Zee menyarankan untuk berhenti makan nasi setiap hari dan mulai beralih ke varietas makanan yang lebih sehat. Misalnya, beras merah, gandum atau makanan yang tinggi akan serat.

Sementara itu, berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), Indonesia memiliki 9 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes.

Jumlah itu terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 prevalensi diabetes naik menjadi 6,9 persen dari sebelumnya 5,7 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES