Gaya Hidup

Kebiasaan Ini Membuat Bayi Tidak Tidur Nyenyak

Minggu, 02 Oktober 2016 - 01:32 | 1.54m
ILUSTRASI. Kebiasaan bayi saat tidur bisa membuat tidurnya tidak nyenyak. (Foto: vitamealbaby.com)
ILUSTRASI. Kebiasaan bayi saat tidur bisa membuat tidurnya tidak nyenyak. (Foto: vitamealbaby.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang tua sering mengalami kesulitan untuk mengatasi gangguan tidur pada bayi, terutama di malam hari. Sebenarnya gangguan tidur bisa dialami bayi ketika merasa lelah yang akhirnya menyebabkan si kecil menjadi rewel dan menangis terus. Penting bagi orang tua untuk mengetahui jenis masalah yang mempengaruhi tidur bayi. Berikut 4 kebiasaan yang sering dialami bayi yang bisa membuatnya sulit tidur nyenyak, dilansir dari parenting.co.id, Sabtu (1/10/2016).
 
1. Sering bergerak
Pada usia enam bulan, biasanya bayi mulai sering menggerakkan badan saat tidur. Ada bayi yang sering berguling-guling saat tidur sehingga ia bisa berpindah posisi. Gangguan tidur ini bisa membuat anak gelisah, anak menjadi sering terbangun, rewel dan mengigau, sehingga tidurnya tidak nyenyak.
 
2. Terbangun di Malam Hari
Menurut Divisi Kesehatan, University of Michigan, AS, masalah yang umum terjadi bayi baru lahir adalah sering terbangun di malam hari. Di tengah malam bayi bisa terbangun, karena ingin minum susu, atau bisa jadi karena suhu ruangan yang panas. Meskipun bangun malam adalah perilaku normal bagi bayi, namun jika terlalu sering dapat menyebabkan gangguan tidur saat si kecil beranjak balita.
 
3. Berkeringat
Beberapa bayi berkeringat lebih banyak saat tidur. Hal ini disebabkan ia menghabiskan waktu lebih banyak dalam tahap terdalam tidurnya. Meskipun keringat adalah kondisi umum, tapi jika terlalu berlebihan bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan. Misalnya, terjadi infeksi, sleep apnea atau overheating yang dapat memicu sindroma kematian bayi mendadak (SIDS) terutama jika si kecil menggunakan baju atau selimut berlapis-lapis.
 
4. Menggemeretakkan Gigi
Sebagian besar bayi memiliki kebiasaan menggemeretak gigi saat tidur. Kondisi ini paling sering terjadi saat bayi mendapatkan gigi pertamanya. Kemungkinan bayi melakukan ini karena ada sensasi dari gigi baru, rasa sakit akibat tumbuh gigi atau dari infeksi telinga dan bisa juga karena masalah pernapasan. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan tidur anak menjadi tidak nyenyak. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES