Peristiwa Daerah

BAPATEN Periksa Puing Pecahan Roket Falcon 9 di Sumenep

Kamis, 29 September 2016 - 16:12 | 46.41k
Tim peneliti dari BAPATEN Saat melakukan pemeriksaan terhadap puing roket 9 dari Amerika di Mapolres Sumenep. (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)
Tim peneliti dari BAPATEN Saat melakukan pemeriksaan terhadap puing roket 9 dari Amerika di Mapolres Sumenep. (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional (BAPETEN) melakukan pemeriksaan terhadap material logam puing roket yang jatuh di Pulau Gili Raja beberapa hari lalu yang telah diamanakan di Mapolres Sumenep, Madura Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan TIMESIndonesia, Kamis (30/9/2016) petugas memeriksa satu persatu bagian logam untuk memastiakn ada tidaknya kandungan zat radioaktif pada benda serta lempengan logam itu.

BACA JUGA: Tim Peneliti LAPAN Pastikan Benda Misteris di Sumenep Pecahan Roket Falcon 9

Kepala Subdid Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN, Muhamad Ridwan mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus, dapat dipastikan bahwa benda-benda yang jatuh di Pulau Gili Raja, Sumenep tidak memiliki kandungan nuklir dan radiasi yang berbaya pada benda tersebut.

BACA JUGA: Polres Sumenep Temukan Nomor Seri Pada Benda Misterius

”Setelah dilakukan penelitian, sebagaimana pula disampaikan dari tim LAPAN, benda itu tidak mengandung nukli dan radiasi yang membahayakan. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran terhadap benda-benda itu,” terang Kepala Subdid Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN, Muhamad Ridwan, Kamis (29/9/2016).

Dia menambahkan, benda roket falcon 9 tidak ada kandungan nuklir sehingga, benda tersebut dipastikan aman tidak berbahaya.

”Pemeriksaan selanjutnya akan dilakukan. Tetapi, dari hasil satu benda diperiksa, dipastikan tidak mengandung radiasi yang berbahaya,” imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES