Politik

Kajian PuskaDD: Sosok Herman Deru Mulai Populer di Media Sosial

Kamis, 29 September 2016 - 13:24 | 137.03k
Herman Deru ditengah peserta Kajian PuskaDD. (Foto: Fathur Rochman/TIMES Indonesia)
Herman Deru ditengah peserta Kajian PuskaDD. (Foto: Fathur Rochman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Bedah para bakal calon Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 telah mulai dilakukan oleh para pemerhati Pilkada, walaupun pelaksanaan Pilkada serentak masih akan berlangsung tahun 2018.

Salah satu lembaga yang melakukan kajian tersebut adalah Pusat Kajian Demokrasi Digital (PusKaDD) Cabang Sumsel.

Lembaga ini mengkaji hiruk-pikuk kampanye para bakal calon kepala daerah di sosial media. Salah satu yang dikaji adalah demokrasi digital di Sumsel menjelang pilgub Sumsel 2018.

Muhammad Rizky, Sekretaris Pelaksana PusKaDD Sumsel menjelaskan, pihaknya melakukan monitoring sosial media khususnya terkait aktivitas para bakal calon gubernur Sumsel 2018 di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Path.

"Hasilnya jelas Rizky ternyata cukup menarik," jelas Rizky saat presentasi hasil kajian lembaganya di Bingen Cafe, Rabu (28/9/2016).

Rizky menjelaskan dari 10 tokoh yang dimonitor aktivitas akun pribadi maupun pendukungnya dapat disiimpulkan Herman Deru merupakan tokoh yang mendominasi jagat maya Sumsel.

Daily buzz Herman Deru di twitland bahkan jauh diatas gubernur petahana Alex Noerdin. Herman Deru juga merupakan tokoh yang paling sedikit mendapatkan sentimen negatif.

"Monitoring sosmed ini menggunakan mesin, memakai sistem, jadi tak ada unsur diarahkan atau human error. Semua real dan real time," ujarnya.

Sementara hasil monitoring di facebook juga menempatkan Herman Deru sebagai tokoh yang paling banyak diperbincangkan.

"Akun-akun yang berafiliasi dengan Herman Deru paling banyak mendapatkan respon publik dan perbincangannya terjadi secara real antar akun manusia bukan robot," demikian ujar Rizky. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES