Tekno

Ini Saat Tepat Mengisi Daya Baterai Smartphone

Kamis, 29 September 2016 - 09:29 | 26.06k
Ilustrasi charging smartphone (Foto: winpoin)
Ilustrasi charging smartphone (Foto: winpoin)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat daya baterai smartphone berkurang mendekati kritis, akan muncul notifikasi yang mengingatkan agar kita melakukan recharge. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengisi daya baterai smartphone? Berikut penjelasannya.

Isi ketika daya sampai 10 persen

Saat diisi, baterai lithium-ion tidak selalu cepat menyerap daya. Ada kondisi yang memungkinkan listrik bisa lekas tersimpan, yakni saat baterai sudah hampir kosong saat mulai diisi kembali.

Itulah yang disebutkan Mark Carlson, seorang teknisi dari Motorola. "Secara umum, sebuah baterai bisa menerima charging rate yang lebih tinggi saat sisa kapasitas dayanya sudah rendah, ketimbang masih tinggi," ujarnya, dilansir dari Forbes.

"Jadi, baterai yang sisanya tinggal 10 persen biasanya bisa lebih cepat diisi ketimbang saat sisa dayanya masih 50 persen," terang Carlson.

Menghindari overcharge (kelebihan pengisian)

Baterai lithium-ion pada gadget modern dibekali mekanisme perlindungan terhadap overcharge.

Mekanismenya dengan cara memperlambat kecepatan charging saat kapasitas yang terisi sudah melewati batas-batas tertentu.

Tujuannya agar pengisian daya bisa lebih mudah dihentikan ketika baterai menjelang penuh.

Hal ini dapat diamati ketika baterai sudah hampir penuh (full). Saat kapasitas berada pada kisaran 90 persen, penambahan persentase bakal berlangsung lebih lambat daripada sebelumnya.

Jenis smartphone

Kecepatan pengisian baterai juga tergantung  pada faktor-faktor lain, seperti jenis smartphone dan kemampuan charger yang digunakan. Telepon selular dengan kemampuan quick charge, akan kesulitan mengisi baterai dengan cepat bila dipasangkan dengan charger yang tidak mendukungnya.

"Jadi, meskipun pengisian bisa lebih cepat saat sisa kapasitas baterai tinggal sedikit, hardware dan software di dalam sistem charging perlu mendukung juga," ujar Carlson. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES