Gaya Hidup

Ajarkan Anak Nilai-Nilai Kebaikan Ini Sejak Dini

Kamis, 29 September 2016 - 04:31 | 108.22k
ILUSTRASI. Mengajarkan nilai kebaikan pada anak sejak usia dini. (Foto: nspt4kids.com)
ILUSTRASI. Mengajarkan nilai kebaikan pada anak sejak usia dini. (Foto: nspt4kids.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak-anak perlu diajarkan tentang nilai-nilai kebaikan sejak dini. Hal ini bisa menjadi bekal anak dalam tumbuh kembangnya di masyarakat. Berikut nilai-nilai yang perlu diajarkan orang tua pada anak sejak usia 5 tahun, dilansir dari The Asian Parent, Rabu (28/9/2016).

1. Keadilan
Anak perlu dididik untuk bisa bersikap adil pada siapapun. Menunjukkan sikap adil tidak harus dengan membagi barang sama rata dengan teman. Hal lain yang dapat dijadikan contoh adalah saat anak bertengkar dengan sepupu atau temannya karena berebut mainan. Anak Anda memukulnya hingga menangis.

Untuk menunjukkan keadilan, minta anak Anda meminta maaf atas perbuatannya. Anda juga bisa mengajarkan kepada anak sistem bergiliran saat bermain. Misalnya setiap anak mendapat waktu 5 menit.

2. Mengerti Perasaan Orang Lain
Mengajarkan anak untuk mengerti perasaan orang lain bisa menjadi bekal agar anak peduli terhadap sesama dan lebih peka. Ajarkan anak mengerti perasaan orang lain, dimulai dari perasaan Anda sebagai orang terdekatnya.

Misalnya bila ia selalu merengek dan membuat Anda susah bila sedang berbelanja, setelah ia reda katakanlah bahwa Anda tidak nyaman dengan sikapnya tersebut. Bila sering dilakukan, anak akan bisa mengerti perasaan orang lain dan juga lebih mudah untuk memahami perasaannya sendiri.

3. Kejujuran
Ajarkan kejujuran pada anak dimulai dari diri Anda sendiri. Hal mudah yang mudah bisa dilakukan adalah jangan sampai ia mendengar Anda berbohong kepada orang lain. Selain itu, jika anak ketahuan berbohong, segera tegur dan katakan bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.

4. Kasih Sayang
Anak perlu melihat bukti nyata kasih sayang dalam bentuk perbuatan. Anda bisa memberikan contoh sederhana kepada anak untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Misalnya, mengucapkan selamat ulang tahun pada saudara, atau tetangga. Menghentikan kendaraan saat ada orang yang hendak menyeberang, itu pun juga merupakan bentuk kasih sayang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES