Kesehatan

5 Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil

Kamis, 29 September 2016 - 02:29 | 69.81k
ILUSTRASI. Manfaat jahe untuk kehamilan. (Foto: healthimpactnews.com)
ILUSTRASI. Manfaat jahe untuk kehamilan. (Foto: healthimpactnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jahe merupakan salah satu tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sering ditanam di halaman rumah. Jahe juga sangat mudah ditemukan di pasar. Selama ini jahe dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat menghagatkan tubuh dan juga mengatasi masuk angin.

Sebenarnya manfaat jahe tidak hanya sebatas itu. Jahe memiliki banyak manfaat lain, misalnya untuk ibu hamil. Aroma segar dari jahe bisa membantu ibu hamil yang sering mengalami mual. Berikut manfaat jahe untuk ibu hamil, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2016).

1. Menghilangkan Mual
Saat morning sickness banyak ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Untuk mengatasinya Anda bisa mengkonsumsi jahe hangat setiap pagi. Kandungan minyak atsiri pada jahe bisa membuat rasa mual menjadi hilang, sedangkan zingeron bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

2. Meningkatkan Kekebalan
Kekebalan tubuh tentu sangat penting saat masa kehamilan. Jahe juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Jahe mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil. Hal ini sangat baik untuk menangkal berbagai macam penyakit yang menyerang saat kehamilan.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tak jarang ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi jahe. Ini karena jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang melancarkan pembuluh darah. Aliran darah lancar jika pembuluh darah lebar. Pembuluh darah yang lebar juga bisa meringankan kerja jantung yang memompa darah keseluruh organ di dalam tubuh.

4. Menghilangkan Stress
Ibu hamil sering mengalami stress, hal itu bisa diakibatkan oleh kondisi lingkungan dan juga ketidakseimbangan hormon. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, dengan menghirup udara pagi dalam-dalam sambil ditemani secangkir jahe hangat bisa menghilangkan stress ibu hamil.

5. Menghindari Gangguan Kehamilan
Jahe memiliki sifat anti biotik alami yang mampu menjaga kondisi ibu hamil. Jahe bisa mengatasi gangguan yang sering menyerang ibu hamil seperti nyeri punggung, nyeri pinggang dan juga nyeri perut. Untuk mengatasi gangguan kehamilan ini, Anda bisa minum jahe hangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES