Peristiwa Daerah

Jembatan Penghubung Kecamatan Ambruk

Rabu, 28 September 2016 - 13:40 | 37.35k
Jembatan utama di Dusun Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep, ambruk setelah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. (Foto Busri Toha/TIMESIndonesia)
Jembatan utama di Dusun Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep, ambruk setelah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. (Foto Busri Toha/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, selama beberapa hari terakhir, menyebabkan salah satu jembatan di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, yang menghubungkan dengan Kecamatan Ganding, Sumenep, ambruk.

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia, Rabu (28/9/2016), salah satu tebing di sisi barat dari jembatan yang memanjang dari barat ke timur sepanjang 10 meter tersebut, ambruk. Dasar jembatan yang terbuat dari beton dan di bangun sekitar tahun 1974 itu, tidak kuat menahan derasnya air bah.

Salah satu warga setempat, Itok mengatakan, waktu itu, hujan lebat terjadi hingga delapan jam sehari. Sehingga, mengakibatkan pada malam harinya, berkisar pukul 19.30 WIB, Senin (27/9/2016), setelah shalat isyak Ambruk.

”Padahal ini merupakan jembatan utama di di Dusun Basoka Tengah, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, menghubungkan dengan Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding. Sehingga, warga yang mau melewati harus memutar lebih jauh di wilayah barat sekitar 5 kiloan,” ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Menurutnya, jembatan tersebut memang terbuat dari beton. Tetapi, karena pondasi dari jembatan yang sudah terkikis oleh air sungai, sehingga tidak tahan saat ada hujan lebat sehingga menyebabkan ambruk.

”Memang pondasi  jembatan terbuat dari beton, tetapi karena tidak tahan dengan debit air yang cukup deras, sehingga mengikis pondasi jembatan di posisi bagian barat sehingga menyebabkan ambruk,” terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES