Gaya Hidup

Riset: Pria Murah Hati Ternyata Miliki Testosteron Lebih Tinggi

Rabu, 28 September 2016 - 03:18 | 80.83k
ILUSTRASI. Foto: Aktual
ILUSTRASI. Foto: Aktual

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penemuan terbaru menunjukkan bahwa pria yang memiliki hormon testosteron tinggi ternyata merupakan seorang yang pemurah dan mengesankan dibanding rekan-rekannya.

Sebelumnya, testoteron sendiri merupakan hormon pria yang mampu meningkatkan kekuatan otot juga amarah dan agresi. 

Berdasarkan studi ini dilakukan oleh Jean-Claude Dreher dari University College Dublin yang dilansir dari Daily Mail,  meneliti efek hormon pria itu dengan menginjeksi 20 pria muda dan 20 pemuda lain diberi plasebo (injeksi kosong).

Dalam eksperimen yang disebut Ultimatum Game, peserta diminta untuk memilih bagaimana mengatur uang 12 Euro dengan orang lain. Penerimanya memiliki kesempatan untuk menghukum atau memberi hadiah lawan mereka.

Hasilnya, pria yang memiliki hormon testosteron tanpa diinjeksi, cenderung menghukum pemain lain, terutama pada saat mereka membuat penawaran tak adil.

Karena itu, maka penemuan ini mendukung pemikiran bahwa testosteron meningkatkan respon agresif terhadap provokasi. 

Sedangkan, pria yang diberi testosteron injeksi atau tambahan saat menerima penawaran besar, sebagai balasannya mereka cenderung lebih pemurah.

"Meningkatnya rasa murah hati saat tak ada provokasi mengindikasikan testosteron juga menyebabkan perilaku pro sosial yang sesuai dengan peningkatan statusnya," tulis peneliti dalam Proceedings of the National Academy of Scientists. 

Lebih lanjut, peneliti dalam studi ini menilai tak konsistensi dengan relasi sederhana antara testosteron dan agresi. Namun, memberikan menjadi bukti tentang peran kompleks testosteron dalam perilaku pria. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Daily Mail

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES