Olahraga

Pelari Profesional Kenya Ramaikan Banyuwangi International Run

Selasa, 27 September 2016 - 12:40 | 57.24k
Peserta lomba lari Banyuwangi International Run 2015. (Foto: humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia))
Peserta lomba lari Banyuwangi International Run 2015. (Foto: humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia))

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Empat pelari profesional asal Kenya dan pelari nasional juara SEA Games akan tampil dalam lomba lari Banyuwangi International Run pada 9 Oktober mendatang.  

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi mengatakan, pelari profesional dari Kenya yang dijadwalkan mengikuti event tahunan ini adalah Alex Melly, Charles Kipsang, Gladys Jameli dan Isabellah Kigen.  Selain empat orang ini, lomba ini juga akan diikuti pelari amatir dari berbagai negara seperti China, Jepang, Jerman dan Australia. 

Sedangkan pelari nasional yang hadir adalah dua peraih medali emas SEA Games 2015, Agus Prayogo yang (peraih emas lari 10.000 meter) dan Triyaningsih (peraih emas lari 5000 meter).

Selain dua nama di atas, deretan pelari nasional yang tampil adalah Acong Tio, Jauhari Johan, Uni Setyorini, Yulianingsih, Lilik Sudarwati, Ester Soma dan I Gede Karangasem. Mereka saat ini masih tampil di ajang PON XIX Jawa Barat 2016.

“Para pelari nasional ini sengaja turun di Banyuwangi sebagai ajang refreshing pasca mengikuti kejuaraan PON yang menguras tenaga. Setelah berlomba, mereka akan menghabiskan akhir pekannya untuk naik ke Kawah Ijen,” imbuh Wawan, Selasa (27/9/2016).

"Sedangkan yang dari Kenya, mereka ingin mengukur kecepatan berlarinya dengan cuaca tropis yang ada di sini,” lanjutnya.

Banyuwangi International Run 2016 ini akan melombakan empat kategori. Yakni 10 Km Open, 10 Km Master (kelompok usia 40 tahun ke atas), 5 Km Open  dan  5 Km pelajar SD/MI Beregu.

Wawan menambahkan, event yang ditargetkan diikuti 2.000 peserta ini akan dikemas dalam bentuk sport tourism. Sejumlah rute yang dilalui pelari akan melewati tetenger kota dan destinasi wisata.

“Sambil lari, mereka akan terhibur dengan sajian atraksi seni dan budaya sekaligus bisa menikmati keindahan alam Banyuwangi di pagi hari. Selain itu, malam harinya mereka bisa menikmati Banyuwangi Batik Festival yang menampikan Puteri Indonesia 2016," kata Wawan. 

Hingga saat ini, peserta yang telah mendaftar Banyuwangi Internasional Run 2016 ada sekitar 275 peserta. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 160 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES