Peristiwa Daerah

TNBTS Tutup Akses ke Lautan Pasir Gunung Bromo

Selasa, 27 September 2016 - 10:47 | 57.12k
Visual Gunung Bromo, Selasa (27/9/2016), sehari pasca kenaikan status jadi Siaga (foto: Bromo Lovers for TIMES Indonesia)
Visual Gunung Bromo, Selasa (27/9/2016), sehari pasca kenaikan status jadi Siaga (foto: Bromo Lovers for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menyusul peningkatan status Gunung Bromo dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III), Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup akses lautan pasir.

Penutupan dilakukan mulai Senin (26/9/2016) sore. "Ini langkah antisipasi, sesuai dengan rekomendasi PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Red). Kalau penutupan secara resmi belum. Mau dirapatkan hari ini," kata Kabid 1 TNBTS, Fariana Prabandari, Selasa (27/9/2016).

Dari arah Probolinggo, penutupan dilakukan di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Dari arah Lumajang dan Malang, penutupan dilakukan di daerah Jomplang. Sedangkan dari arah Pasuruan, dilakukan di daerah Wonokitri.

Pasca rapat nanti, Balai Besar TNBTS akan memutuskan penutupan resmi akses ke lautan pasir, hingga status Gunung Bromo turun dan radius aman kembali menjadi 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

Rapat sendiri, akan dilakukan pukul 11.00 di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Antara lain melibatkan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Bromo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pelaku/penyedia jasa wisata.

Diketahui, PVMBG menaikkan status Gunung Bromo, dari Waspada menjadi Siaga, mulai Senin (26/9/2016) pukul 06.00 WIB. Dengan status Siaga, radius aman bagi masyarakat dari wisatawan juga bertambah dari semula 1 kilometer dari kawah aktif, menjadi 2,5 kilometer dari kawah aktif.

“Sejak Sabtu terekam di seismik adanya gempa-gempa vulkanik secara beruntun. Sebelumnya tidak ada,” kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api pada PVMBG, Gede Suantika, Senin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES