Kesehatan

Minum Red Wine Mampu Tingkatkan Fungsi Otak

Minggu, 25 September 2016 - 01:01 | 55.29k
ilustrasi (foto:returnofking.com)
ilustrasi (foto:returnofking.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penelitian terbaru menemukan bahwa terdapat manfaat sehat dari memimum red wine atau anggur merah.

Tim peneliti Northumbria University meneliti menemukan bahwa zat resveratrol, yang ditemukan dalam red wine mampu meningkatkan fungsi mental dengan melancarkan aliran darah ke otak. 

Menurut mahasiswa PhD Timothy Eschle yang dilansir dari Independent, menjelaskan mengkonsumii red wine memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

Salah satunya ialah ditemukannya resveratrol, atau ekstrak kulit anggur merah, yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

"Ekstrak kulit anggur merah ini, dalam beberapa kasus mampu meningkatkan mendongkrak kinerja mental pada tugas-tugas kognitif," kata Timothy.

Penelitian ini sendiri, menguji teori itu dan melibatkan orang sehat berusia 18-35 tahun. Hasilnya beberapa peserta menunjukan kinerja lebih baik ketika mereka diuji fungsi mentalnya.

Akan tetapi, ternyata hasil positif itu tidak konsisten. Karena periset menyimpulkan bahwa kecenderungan penelitian untuk fokus pada populasi muda yang sehat yang masih ada di puncak kinerja mentalnya.

Selain itu, peneliti juga percaya korelasi positif memiliki manfaat lebih jelas pada peserta yang berusia lebih tua.  Karena itu, maka universitas  yang berada di Newcastle Inggris ini, saat ini tengah mencari peserta pria dan wanita sehat berusia antara 50-70 tahun untuk meneliti efek resveratrol.

Sementara itu, studi kedua yang bertujuan meneliti efek resveratrol di ketinggian juga sedang dilangsungkan dan membutuhkan sukarelawan berusia muda.

Penelitian ini akan menguji stimulasi efek fisik dari serangkaian suhu dan ketinggian. Peneliti dalam riset ini akan akan meneliti bagaimana peserta usia 18-35 tahun mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan kemampuan mental.

Selain itu, peneliti juga akan menguji ada tidaknya sesuatu yang rusak dapat diatasi dengan resveratol, sehingga kedepan resveratol mampu dibuat dalam bentuk kapsul untuk kesehatan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES