Peristiwa Daerah

Kambing Ini Tumbuh Lima Tanduk Gegerkan Warga

Jumat, 23 September 2016 - 17:33 | 109.03k
Kambing lima tanduk dipegang dua warga di halaman rumah Bakri, Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Tuban, Jum\'at (23/09/2016) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)
Kambing lima tanduk dipegang dua warga di halaman rumah Bakri, Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Tuban, Jum\'at (23/09/2016) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kambing unik milik Bakri, asal warga Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, diketahui memiliki sebanyak lima tanduk tumbuh di kepalanya.

Warga sekitar pun gempar satu persatu datang demi untuk meihat langsung. Tidak sedikit mereka yang penasaran kemudian mengambil dokumentasi dengan kamera hanpone.

Menurut warga Tuban, kambing tersebut berjenis kambing gibas. Kini kambing itu telah berumur sekitar tiga tahun.

kambingVp6MK.jpg

Detail tanduk kambing tumbuh diatas kepala memiliki sebanyak lima tanduk dengan ukuran panjang dua tanduk sekitar 25 centi meter sedangkan ukuran kecil tanduk tumbuh sekitar 15 centi meter.

“Dua tanduk sepanjang 25 centimeter berada di bagian atas kepala, satu tanduk di samping kiri, serta dua tanduk lagi tumbuh di bagian kanan kepala yang panjangnya sekitar 15 centimeter,” kata Bakri, saat ditemui di rumahnya, Jum’at (23/09/2016).

Bakri mengingat, kambing itu dulu didapat dari temannya di wilayah babat Lamongan. Saat ia membeli kambing tersebut melum memiliki lima tanduk, tanduk kambing baru diketahui disaat sudah besar.

Makanan yang diberikan kambing, ini menurut bakri tidak ada yang spesial melainkan layaknya kabmbing pada umumnya, yaitu makan rumput dan minuman kambing di campur dengan dedek.

“Ini dulu saya beli dari teman saya di Babat,” aku Bakri sembari mengingat-ingat saat membeli kambing aneh miliknya itu.

kambing-1Mkoc.jpg

Dengan keunikan kambing bertanduk lima, ini bakri berencana akan menjadikan kambing yang mempunyai berat badan kurang lebih 40 kilogram tersebut sebagai pejantan.

Namun, jika ada yang minat untuk membeli, kambing tersebut akan dilepas jika dengan harga yang sesuai.

“Tetap akan saya rawat dan nanti mudah-mudahan memilik keturunan yang sama. Namun jika ada yang minat juga akan saya lepas tetapi dengan harga yang cocok,” jelasnya.

Pantauan TIMESIndonesia kambing unik itu menyedot perhatian warga sekitar, tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ramai ke lokasi untuk melihat kambing lebih dekat.

kambing-22tuog.jpg

Bahkan tidak sedikit warga yang sengaja menyalakan kamera hanpone miliknya kemudian  melukis kambing dengan fokus lensa.

“Asik dan unik memang, baru kali ini saya melihat kambing ini,” ungkap Khusnul, warga yang melihat kambing unik di rumah Bakri.

Sesuai catatan sejarah, kambing ternak dengan nama latin Capra aegagrus hircus adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di asia barat daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing sudah sudah dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES